Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

HUT DKI Jakarta ke-495, Anies: Kita Menuju Kota Global

Rabu, 22 Jun 2022 - 11:57 WIB
Anies inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat apel HUT DKI Jakarta ke-495 di Monas (foto Haris-Inilah.com)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim ibu kota yang dipimpinnya sudah mendekati pamor kota global. Hal itu disampaikannya saat apel HUT DKI Jakarta ke-495 di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Rabu (22/6/2022).

Klaim tersebut berdasarkan buah hasil kerjasama masyarakat Jakarta dalam membangun ibu kota yang relevan dengan standar kota global.

“Kita menuju kota global, Alhamdulillah. Selama ini kota Jakarta sudah menggunakan standar kota global dunia. Salah satunya adalah terbangunnya transportasi umum masal yang menjangkau 82 persen wilayah Jakarta,” kata Anies.

Dua aspek besar yang disebut Anies menjadikan Jakarta sebagai kota global adalah pembangunan fisik dan sistem.

Baca juga
Anies Klaim Banjir Jakarta Ditangani Cepat dan Senyap

“Berbicara soal kota global kita mengedepankan dua aspek. Pertama pembangunan fisik, yang kita lihat dari mulai pembangunan Putaran Tapal Kuda, JPO, Jaklinko, hingga JIS merupakan fisik. Yang kedua adalah sistem, JAKI adalah capaian non fisik yang sangat besar, super app yang didalamnya banyak layanan publik. JAKI ini diakui dunia international,” jelasnya.

Berikutnya, kegiatan berskala international juga punya andil besar yang menjadikan Jakarta berada di level global. Peran Pemprov DKI bukan hanya dalam skala nasional, tapi juga diakui di level international.

Sebut saja ketika mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjabat sebagai wakil pimpinan forum C40 Cities yang dipimpin oleh Wali Kota London, Inggris. Terlebih, salah satu direktur yang menjabat di C40 adalah asisten perekonomian Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga
Survei Terbaru SMRC, Elektabilitas Anies Teratas

“Intinya adalah membangun Jakarta menuju kota global adalah fisik, sistem, pemanfaatan teknologi digital, kegiatan berskala global, kebijakan progresive, dan pengakuan dunia international atas kehadiran Jakarta,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar