Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

HUT ke-76 Bhayangkara, Jokowi Minta Dukungan Pelaksanaan G20 dan Pemilu 2024

Selasa, 05 Jul 2022 - 11:13 WIB
Whatsapp Image 2022 07 05 At 08.28.04 - inilah.com
Presiden Jokowi memberi sambutan sewaktu menjadi Inspektur Upacara HUT ke-76 Bhayangkara, di Semarang, Jateng, Selasa (5/7/2022). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara HUT ke-76 Bhayangkara, di Kampus Akademi Kepolisian, Semarang, Jateng, Selasa (5/7/2022). Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan pentingnya dukungan Polri dalam menjalankan agenda nasional.

Jokowi menyebutkan sejumlah agenda nasional seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pelaksanaan KTT G20 di Bali dan pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar secara serentak membutuhkan pengawalan. Begitu pula dalam menghadapi tantangan global terkait krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan yang harus pula diantisipasi Polri.

“Oleh sebab itu, Polri harus memastikan kamtibmas agar kita lebih kokoh dalam menghadapi tantangan-tantangan ini,” kata Kepala Negara.

Turut hadir dalam upacara Hut ke-76 Bhayangkara Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 RI Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, para ketua lembaga tinggi Negara dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI beserta kepala staf angkatan, Kapolri Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran Polri di seluruh Tanah Air.

Baca juga
Foto: Rumah Ferdy Sambo Dijaga Ketat Personel Brimob dan Dipasang Garis Polisi

Jokowi hadir mengenakan busana sipil, dilengkapi jas biru tua dan peci. Presiden hadir bersama Ibu Negara, Iriana, yang mengenakan busana berwarna putih dengan kerudung warna senada, serta selendang batik bernuansa cokelat.

Kedatangan Jokowi disambut langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya. Adapun komandan upacara yang bertugas ialah Komisaris Besar Polisi Muhamad Erwin.

Jokowi menyempatkan diri meninjau pasukan upacara dengan menaiki mobil patroli sambil diiringi lagu Maju Tak Gentar oleh pasukan marching band. Dia juga menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada tiga polisi.

Baca juga
Jenderal TNI Dudung akan Tertibkan Obrolan WAG Internal

Upacara HUT Ke-76 Korps Bhayangkara yang melibatkan 1.996 personel terbuka untuk umum. Tema yang diangkat yakni “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Tangguh-Indonesia Tumbuh”.

Dalam sambutannya Jokowi juga mengingatkan agar Korps Bhayangkara meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi ancaman. Tak terkecuali dalam menangani kejahatan berbasis teknologi terbaru.

“Kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan,” ujar Jokowi.

Menghadapi tantangan kejahatan teknologi maka Polri harus berinovasi dan menguasai teknologi agar tidak kesulitan mengungkap pelaku kejahatan. Namun dia mengingatkan pula terdapat tugas berat yang harus dihadapi pemerintah sekarang ini dan membutuhkan dukungan Polri.

Di tengah persoalan yang menjadi tantangan sekarang ini, Jokowi meminta agar anggota Polri selalu bekerja dengan presisi dan hati-hati agar tidak merusak kepercayaan yang telah diberikan masyarakat terhadap institusi itu.

Baca juga
Mendarat Dini Hari di Tokyo, Presiden Jokowi Disambut Wamenlu Jepang

“Setiap kecerobohan, apa pun di lapangan, sekecil apa pun, itu bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Oleh karena itu, bekerjalah dengan hati-hati, bekerjalah dengan presisi,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar