Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

HUT ke-77 RI, Istana Gelar Kirab dan Atraksi Fly Pass TNI AU

Senin, 15 Agu 2022 - 12:04 WIB
Whatsapp Image 2021 08 17 At 11.44.43 - inilah.com
Atraksi fly pass TNI AU bakal mewarnai peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2022. Foto: TNI AU

Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka bakal disemarakkan dengan sejumlah atraksi. Selain kirab, atraksi fly pass dari TNI AU bakal memeriahkan peringatan kemerdekaan setelah dua tahun digelar dalam situasi pandemi COVID-19.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan, HUT ke-77 RI mengusung konsep sejarah bangsa Indonesia yang dituangkan dalam diorama di kawasan Istana Merdeka, Jakarta. “Konsepnya adalah kita menggali sejarah-sejarah bangsa Indonesia. Adanya kejayaan kita, kejayaan Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram kita gali, kita jadikan satu, termasuk menggali kebudayaan-kebudayaan yang ada zaman dulu,” kata Heru, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (14/8/2022).

Baca juga
Rugikan Negara Rp224 Miliar, Begini Konstruksi Kasus Korupsi Helikopter

Menurutnya, kejayaan kerajaan-kerajaan nusantara pada masa lampau menjadi inspirasi untuk menyusun konsep serta membangun dekorasi peringatan detik-detik proklamasi memeringati HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022. Selain kirab dan atraksi fly pass TNI AU, pasukan pengibar bendera (paskibraka) akan diturunkan secara penuh dengan formasi 17-8-45 dalam dua sesi upacara.

Sedangkan kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dilaksanakan dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka. “Ketika kirab itu Bendera Sang Saka Merah Putih dengan (naskah) Proklamasi kita letakkan, kemudian kita turunkan dari mimbar utama. Tahun-tahun lalu kan dari samping menuju mimbar utama,” tuturnya.

Baca juga
Jadi Inspektur Upacara Detik-detik Proklamasi, Jokowi Kenakan Dolomani Baju Adat Buton

Sedangkan Bendera Merah Putih Pusaka nantinya tidak akan dikibarkan. Naskah Proklamasi juga tetap disimpan dalam kotak khusus karena kedua benda bersejarah itu tidak boleh disentuh. Sedangkan busana adat yang akan dikenakan Presiden Joko Widodo saat menjadi Inspektur Upacara masih dipilih.

Pada Senin (15/8/2022), Istana akan melakukan gladi bersih untuk menyamakan waktu atraksi fly pass oleh TNI AU dengan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka. Sedangkan pada sore nanti, Presiden dijadwalkan mengukuhkan anggota Paskibraka. Sehari sebelumnya, Istana melakukan gladi kotor kedua kali untuk persiapan kegiatan peringatan kemerdekaan ini.

 

Tinggalkan Komentar