Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Wagub Riza Yakin Jakarta Tetap Maju

Wagub DKI Jakarta - inilah.com
Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta Foto Antara

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut warga Jakarta tidak perlu khawatir apabila Ibu Kota Negara (IKN) dipindahkan ke Kalimantan Timur sebagai pusat pemerintahan yang baru. Menurutnya Jakarta akan tetap hadir, eksis dan tetap maju.

“Tidak perlu khawatir, kita pastikan sekalipun Jakarta tidak lagi sebagai Ibu Kota, tapi Jakarta nanti akan tetap hadir, eksis, dan tetap maju, bahkan bisa menjadi lebih baik lagi,” kata Wagub Riza, Senin malam (24/01) mengutip Antara.

Ia mengatakan pusat pemerintahan boleh dipindah ke Kalimantan Timur, tidak lagi di Jakarta. Tapi Jakarta akan tetap menjadi pusat bagi sektor atau aspek bidang pemerintah lainnya, seperti pendidikan, perekonomian, dan kesehatan.

Baca juga
Kementerian PUPR Gelar Bimtek Skema Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang Bangun

“Jakarta harus menjadi pusat. Pusat pemerintahan berubah ke Kalimantan Timur, tapi Jakarta harus menjadi pusat perekonomian, pusat pendidikan,dan pusat kesehatan,” kata Riza.

Sekalipun nanti presiden berpindah kantor, dari Jalan Medan Merdeka ke Istana Presiden baru di Kalimantan Timur. Lembaga legislatif yang sekarang ada di Senayan, nanti pun berpindah ke Kalimantan Timur. Semua struktur kementerian/lembaga tingkat pusat berpindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

“Tapi Jakarta tetap terdepan, karena memiliki fasilitas yang sangat memadai di republik yang kita cintai. Mudah-mudahan macetnya semakin berkurang, genangan banjirnya semakin berkurang, udaranya semakin bersih, dan gedung-gedung semakin tertata. Karena sebagian warga Jakarta berpindah ke Kalimantan Timur, khususnya bapak-bapak sebagai PNS/ASN, itu berpindah di tingkat pusat,” kata Riza.

Baca juga
LPSK: Pemda Wajib Bantu Sekolahkan Korban Perkosaan di Pesantren Jabar

Nantinya pegawai negeri sipil (PNS) maupun aparatur sipil negara (ASN) di Jakarta hanya yang bekerja di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saja.

“ASN DKI tetap di sini, yang di Balai Kota sampai di tingkat kelurahan tetap berada di Jakarta,” pungkas Riza

Tinggalkan Komentar