Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Idap Komplikasi, Tjahjo Sempat Dirawat di 3 Rumah Sakit

Jumat, 01 Jul 2022 - 21:31 WIB
Img 0935 - inilah.com
Keluarga Tjahjo Kumolo. Foto: Inilah.com/Harris Muda

Keluarga mendiang Tjahjo Kumolo mengungkapkan eks Mendagri dan Menpan RB itu mengidap komplikasi yang menyerang saluran pencernaan dan merambat pada paru-paru. Bahkan Tjahjo sempat menjalani perawatan di tiga rumah sakit (RS) berbeda yakni RSPAD, Harapan Kita dan Abdi Waluyo.

Mewakili keluarga, Detri Warmanto selaku menantu almarhum mengungkapkan, Tjahjo awalnya mengalami infeksi perut hingga merambat ke paru-paru, ginjal dan liver. Total Tjahjo menghabiskan waktu hingga 13 hari di tiga rumah sakit berbeda.

“Sudah pakai bantu alat pernafasan, alat bantu pacu jantung, cuci darah segala macam,” kata Detri selepas mengantarkan jenazah sang mertua menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, (1/7/2022).

Baca juga
Selamat Jalan Pak Tjahjo

Tjahjo Kumolo meninggal dunia siang tadi di RS Abdi Waluyo dan langsung dimakamkan pada sore harinya. Anggota kabinet, kolega, dan keluarga turut mengantar Tjahjo hingga dimakamkan dengan upacara militer.

“(Dirawat) 13 hari atau dua minggu,” ungkap Detri.

Istri almarhum, Erni Guntarti, menyebut, Tjahjo tidak memiliki pesan-pesan khusus sebelum mengembuskan nafas terakhir. Almarhum disebut hanya ingin meninggal ketika menjalankan tugas.

“Yang saya ingat, Bapak ingin meninggal dalam tugas. Itu saja,” kata Erni, yang mengaku kenal Tjahjo sejak SMP.

Erni membeberkan kebiasan sang suami belakangan ini, yakni mendengarkan alunan ayat suci Al Quran sebelum tidur. “Biasanya tidak begitu. Itu kebiasaan baru Bapak, mendengarkan alunan ayat suci sampai pagi. Kalau bangun, tahajud,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar