Jumat, 19 Agustus 2022
21 Muharram 1444

IDI Pastikan Belum Ada Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Jumat, 05 Agu 2022 - 21:16 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Fadly Zikry
Monkeypox cacar monyet indonesia - inilah.com
(Foto: ist)

Ketua Satgas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Hanny Nilasari mengatakan pihaknya masih belum menemukan kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia.

“Belum ada kasus terkonfirmasi di Indonesia. Alhamdulillah sekali,” kata Henny saat konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Meski begitu pihaknya tak menampik adanya suspect atau dugaan penyakit cacar monyet yang mencuat belakangan di Indonesia.

“Meskipun ada beberapa informasi bahwa ada kasus-kasus yang terduga atau suspect yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit,” ujarnya.

Hanny menyebut, sampai saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan terkait satu suspect yang diketahui berada di wilayah Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga
WHO Dalami Temuan Virus Cacar Monyet dalam Cairan Sperma

Sebelumnya, juru bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Mohammad Syahril mengkonfirmasi terhadap satu warga Semarang diduga tertular penyakit cacar monyet.

“Ya, itu baru suspek,” kata Mohammad Syahril kepada inilah.com lewat pesan singkat.

Hingga saat ini, pasien yang berstatus suspek tersebut mendapatkan perawatan di ruang isolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat ini di rawat isolasi untuk perawatan dan untuk pemeriksaan lanjut untuk memastikan cacar monyet atau bukan akan dilakukan pemeriksaan lab PCR untuk memastikannya,” pungkas Syahril.

Tinggalkan Komentar