Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Ikuti Anjuran Rasulullah, Bersedekah Air Bersih

Selasa, 05 Okt 2021 - 09:55 WIB
Ikuti Anjuran Rasulullah, Bersedekah Air Bersih  - inilah.com
istimewa

Sedih, ketika melihat warga Parit Hijrah atau yang biasa dikenal dengan Kampung Sungai Dugil, yang terletak di desa seberang Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, tidak memiliki air bersih.

Hal yang paling penting dalam menjalani hidup sehat adalah memiliki air bersih.

Seperti anjuran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengingatkan kepada umatNya untuk bersedekah air.

Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasullah Shallallahu Alaihi Wassallam, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama? Beliau menjawab, memberi air,” (HR.Abu Daud).

Melihat keadaan daerah tersebut kesulitan mendapatkan air bersih, Hery sebagai ketua RT setempat menjelaskan sudah mengusahakan untuk mencari bantuan air bersih selama 10 tahun terakhir.

Baca juga
Andai Prabowo Mau Meneladani Sa'ad bin Ubadah Atau Abdurrahman bin Auf

“Saya sudah mengusahakan untuk mencari bantuan untuk air bersih namun usaha saya selama 10 tahun terakhir nihil, sedih ya sedih tapi kami pun tak sanggup untuk membuatnya sendiri. Masyarakat di sini kebanyakan hanya petani,” kata Hery yang dikutip dari laman kitabisa, Jakarta, Selasa, (05/10/2021).

Warga setempat mendapatkan air dari menampung air hujan yang turun. Kemudian digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari seperti kebutuhan untuk minum, masak, mandi, hingga mencuci.

Tidak hanya itu, jika musim hujan tidak datang, dan air yang ditampung saat musim hujan sudah habis, cara lain yang bisa dilakukan adalah mengambil air dari kubangan.

Baca juga
Hidup Sederhana Teladani Rasulullah

“Kalau mau air bersih harus nyebrang dulu dan beli, ya gimana, kami ada uang untuk makan saja sudah bersyukur, enggak bisa beli airnya,” kata seorang ibu.

Mayoritas masyarakat di Parit Hijrah adalah para petani. Penghasilan yang masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehari-sehari, juga sangat berat jika mendapatkan air bersih pun harus mengeluarkan uang.

Kawan INILAH, bisa dapat membantu meringankan beban masyarakat Parit Hijrah untuk mendapatkan akses air bersih. Donasi tersebut bisa langsung diberikan lewat link berikut melalui laman kitabisa.

Tinggalkan Komentar

×