Ikuti Instruksi Jokowi, Bank Pelat Merah Ini Kembangkan Ekonomi Hijau di Timur Pulau Jawa

Ikuti Instruksi Jokowi, Bank Pelat Merah Ini Kembangkan Ekonomi Hijau di Timur Pulau Jawa  - inilah.com

Presiden Joko Widodo mendorong seluruh pihak mendukung penguatan green economy atau ekonomi hijau, dan blue economy. Dampaknya dua sisi, lingkungan dan perekonomian nasional terjaga.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia bisa memperoleh manfaat yang cukup besar dari pengembangan ekonomi hijau tersebut karena Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai hutan tropis dan hutan bakau terbesar di dunia.

“Oleh sebab itu transformasi energi menuju energi baru dan terbarukan harus dimulai. Green economy, green technology dan green product harus diperkuat agar kita bisa bersaing di pasar global,” ungkap Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu.

Gayung bersambut, PT Bank Tabungan Negara (Persero/BTN) Tbk terus mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan (ekonomi hijau) dan UMKM di berbagai daerah, dengan menerapkan konsep profit, people dan planet.

Dalam menerapkan konsep tersebut, Bank BTN menggandeng pemerintah daerah. Contohnya, Bank BTN  bersama Pemkab Banyuwangi melakukan penanaman 10.000 mangrove, pelepasan 1.000 tukik, bantuan sarana prasarana UMKM serta pelatihan untuk para pelaku UMKM di daerah Banyuwangi khususnya di destinasi wisata Pantai Cemara.

Baca juga  Erick Thohir Kenalkan Menteri BUMN yang ‘Baru’

“Kegiatan ini sebagai dukungan dalam mempertahankan kontribusi biologis, melindungi ekosistem guna mendukung ketahanan lingkungan yang merupakan salah satu konsep pembangunan berkelanjutan. Serta mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia,” ujar Direktur Compliance and Legal Bank BTN Eko Waluyo usai melakukan penanaman pohon mangrove dan meninjau pelatihan UMKM bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas di Pantai Cemara, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/10/2021).

Eko menuturkan, sebagai entitas bisnis, Bank BTN tidak hanya memikirkan mengenai bagaimana mengembangkan bisnis dari sisi keuntungan atau profit, namun juga mengembangkan potensi sumber daya manusia di seluruh Indonesia.

Baca juga  Status Juara Bertahan Tak Jadi Beban untuk Ginting

Selain itu, Bank BTN juga diminta memperhatikan keberlangsungan planet bumi yaitu bagaimana konsep Bank BTN ke depan bisa menjalankan visi tentang tentang keberlangsungan dan keramahan terhadap lingkungan.

Eko mengungkapkan, pembangunan yang berkelanjutan dan keterkaitan antara lingkungan dan ekonomi telah menjadi konsep yang penting bagi pengambil keputusan di Indonesia. Salah satu tujuan penerapan pembangunan berkelanjutan yaitu mengurangi kesenjangan sosial, mengurangi dan mencegah kerusakan lingkungan hidup, menjaga keanekaragaman hayati, dan mendorong efisiensi pemanfaatan energi dan sumber daya alam.

“Bank BTN sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara memiliki tanggung jawab untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan,” katanya.

Baca juga  Komite I DPD RI Desak ATR/BPN Berantas Mafia Tanah

Menurut Eko, kegiatan Bank BTN bersama Pemkab Banyuwangi, seperti penanaman mangrove, bantuan sarana prasarana UMKM serta pelatihan untuk para pelaku UMKM diiharapkan bisa terus menjaga keberlangsungan keseimbangan lingkungan. Sekaligus mendorong bergeraknya perekonomian dan pariswisata di kawasan Pantai Cemara khususnya dan destinasi wisata daerah Banyuwangi pada umumnya.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas berharap adanya kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan Bank BTN selain lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, juga dapat dirasakan dampaknya oleh para pelaku UMKM yang ada di daerah Pantai Cemara Banyuwangi.

Dengan konsep pemberdayaan masyarakat di daerah wisata ini, lanjut Ipuk, diharapkan secara cepat menggerakan perekonomian daerah sekitar, meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan.

Tinggalkan Komentar