Ilham Habibie: Digitalisasi Jadi Jembatan untuk Roda Pendidikan

Ilham Habibie - inilah.com
Ilham Habibie

‘Digitalisasi menjadi jembatan untuk roda pendidikan’. Pernyataan itu diutarakan oleh Ketua Dewan Pembina The Habibie Center, Ilham Habibie terkait dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di saat pandemi COVID-19.

Meski harus melaksanakan PJJ, namun Putra sulung dari mantan Presiden RI ke-3 (Alm) BJ Habibie ini mengatakan saat ini sudah memasuki era digital. Dengan digitalisasi inilah upaya untuk memudahkan kehidupan manusia.

Seperti halnya pelaksanaan PJJ yang mengandalkan internet untuk proses belajar mengajar selama pandemi COVID-19. Tak bisa dibayangkan bagaimana nasib para pelajar jika tidak ada jaringan internet selama pandemi.

“Dalam konteks pandemi COVID-19, digitalisasi menjadi jembatan untuk menggerakkan roda pendidikan,” ujar pria kelahiran Jerman 16 Mei 1963 itu.

Baca juga  Jelajah Desa Kole Sawangan Tana Toraja Miliki Rumah Adat Tertua yang Dibangun Tahun 1200

Namun Komisaris Ayoconnect itu berpendapat, secanggih apapun dunia online yang dapat mempertemukan orang-orang dari berbagai daerah melalui jaringan internet, namun tetap saja masih memerlukan peran manusia.

“Secanggih apapun online learning, dengan alat-alatnya, internet koneksi yang bagus, tapi tetap perlu peran manusia,” kata Penerima penghargaan Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa itu.

Tinggalkan Komentar