Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Imbang 1-1 Melawan Spanyol, Peluang Jerman Lolos Semakin Berat

Senin, 28 Nov 2022 - 05:16 WIB
Spanyol Jerman
Duel tim besar Eropa, Spanyol versus Jerman, pada Senin (28/11/2022) dini hai WIB, berakhir imbang 1-1. Hasil tersebut membuat peluang Der Panzer untuk melaju ke babak 16 besar semakin berat. (foto: Getty Images)

Laga antara dua tim kuat Eropa, Spanyol versus Jerman, dalam lanjutan penyisihan Grup E Piala Dunia 2022, harus berakhir imbang 1-1. Hasil tersebut membuat langkah Jerman semakin berat untuk bisa melaju ke babak 16 besar.

Berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Senin (28/11/2022) dini hari WIB, Spanyol lebih dominan dalam penguasaan bola di babak pertama. La Furia Roja bisa menghadirkan sejumlah peluang tetapi tidak bisa memaksimalkannya dengan baik.

Jerman lalu sempat mengejutkan Spanyol lewat gol yang tercipta dari sundulan Antonio Rudiger di menit ke-40. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit karena berdasarkan pantauan VAR, Rudiger sebelumnya sudah berada dalam posisi offside.

Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata alias 0-0.

Masuk ke babak kedua, Spanyol dan Jerman terus berupaya keras menghadirkan peluang mencetak gol. Luis Enrique lebih dulu mengambil keputusan untuk melakukan pergantian pemain dengan menurunkan Alvaro Morata menggantikan Ferran Torres.

Baca juga
Giring PSI Urungkan Niat Nyapres di Tahun 2024

Di menit ke-56, lini belakang Spanyol melakukan kesalahan. Hal itu membuat tim Der Panzer punya kesempatan bagus untuk mencetak gol. Joshua Kimmich melepaskan tendangan terarah tetapi kiper Unai Simon bisa bereaksi dengan baik dan membendung tembakan tersebut.

Keputusan Enrique menurunkan Morata terbukti tepat. Pemain bernomor punggung 7 itu bisa memecah kebuntuan di menit ke-62.

Dalam proses gol ini, Spanyol menemukan celah di sisi kanan pertahanan Jerman. Umpan silang yang dikirimkan oleh Jordi Alba disambut dengan sontekan apik Morata.

Setelah tertinggal 0-1, Jerman memasukkan tiga pemain yaitu Leroy Sane, Niclas Fullkrug, dan Lukas Klostermann.

Jerman sempat menghadirkan dua ancaman beruntun lewat Jamal Musiala. Pertama umpan Musiala tidak bisa disambut dengan baik oleh Fullkrug di menit ke-72. Tak lama berselang, giliran Musiala yang lepas dari jebakan offside Spanyol. Musiala berdiri bebas namun tendangannya tepat mengarah ke Unai Simon.

Baca juga
Jokowi Enggan Berikan Jabatan Kepala Otorita IKN ke Kader Partai

Fullkrug akhirnya bisa membayar kepercayaan Hansi Flick di laga tersebut. Menerima bola dari Musiala yang bergerak usai mendapat umpan dari Leroy Sane, Fullkrug melepaskan tembakan keras dari jarak dekat. Unai Simon pun tak berdaya dan gagal membendung tembakan tersebut. Kedudukan menjadi sama kuat 1-1.

Laga Spanyol versus Jerman makin sengit di pengujung laga. Kedua tim sama-sama berusaha mencari gol kemenangan. Leroy Sane sempat terlepas dari kawalan pemain-pemain Spanyol, namun Unai Simon dengan sigap menghalau pergerakan Sane.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir laga.

Hasil tersebut membuat Jerman berada di ujung tanduk. Juara Piala Dunia 2014 ini masih berada di posisi juru kunci klasemen Grup E dengan raihan 1 poin. Sedangkan Spanyol bercokol sebagai pemuncak klasemen dengan 4 poin. Unggul di atas Jepang dan Kosta Rika yang sama-sama mengumpulkan 3 poin.

Baca juga
Foto: Potret Demo Buruh Tuntut Kenaikan Upah UMP Tahun 2022 di Depan Istana Kepresidenan Jakarta

Peluang Jerman untuk lolos ke babak 16 besar memang masih ada, cuma tergolong berat. Di laga akhir penyisihan grup nanti, Der Panzer harus bertempur mati-matian untuk mengalahkan Kosta Rika. Itu pun dengan catatan Spanyol mampu menaklukkan Jepang di pertandingan lainnya.

Tinggalkan Komentar