Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Imbangi Thailand 2-2, Indonesia Runner Up Piala AFF 2020

Sabtu, 01 Jan 2022 - 21:44 WIB
Aff 2020
(ist)

Tim nasional Indonesia harus puas menjadi runner up Piala AFF 2020 setelah hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Thailand pada leg kedua final di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam.

Gol-gol Indonesia tercipta dari kaki Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri. Sedangkan dua gol Thailand masing-masing dari Adisak Kraisorn dan Sarach Yooyen.

Hasil tersebut membuat skuad Garuda kalah agregat 2-6 dari pasukan Gajah Putih yang keluar sebagai juara Piala AFF 2020.

Thailand pun tercatat sebagai negara tersukses di Piala AFF dengan enam gelar juara. Sementara Indonesia menjadi negara paling banyak mengantongi prestasi peringkat kedua yaitu enam kali dan belum pernah sekali pun mencicipi trofi kampiun.

Jalannya pertandingan

Pada laga leg kedua final Piala AFF 2020, Indonesia yang dalam misi mengejar ketinggalan empat gol setelah kalah 0-4 pada leg pertama tampil menekan sejak menit awal.

Baca juga
Gubernur Anies: Semua Area Penonton JIS Dilengkapi Garis Shaf untuk Shalat

Pratama Arhan dan kawan-kawan mengincar gol cepat untuk setidak-tidaknya mampu menyamakan agregat.

Hasrat itu terwujud setelah pada menit ke-7 Ricky Kambuaya melepaskan tendangan kencang setelah mendapatkan umpan dari Witan Sulaeman yang tak mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Thailand Siwarak Tedsungnoen.

Tak ada gol lain tercipta sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Pada babak kedua, Thailand memasukkan sejumlah tenaga baru seperti Adisak Kraisorn dan Phitiwat Sukjitthammakul.

Pergantian itu membuahkan hasil setelah pada menir ke-54 Adisak Kraisorn menyamakan kedudukan menjadi 1-1 memanfaatkan kemelut di kotak penalti Indonesia.

Thailand berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-55 berkat sepakan Sarah Yooyen dari luar kotak penalti.

Baca juga
Pakar Bongkar Kegaduhan Buzzer Cebong-Kampret dan dari Mana Mereka Berasal

Berada satu gol di belakang, skuad Garuda berupaya keras mencari gol lain. Pada menit ke-80, usaha tersebut membuahkan hasil. Egy Maulana menjebol gawang Thailand dengan gol kaki kirinya, mengonversi assist Witan.

Tidak ada gol tambahan tercipta setelahnya, skor 2-2 bertahan sampai laga usai.

Tinggalkan Komentar