Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Imigrasi Batam Pastikan Perjalanan UAS ke Singapura Tidak Bermasalah

Selasa, 17 Mei 2022 - 15:28 WIB
Penulis : Aria Triyudha
44d5784b F91e 47f7 92c4 6edc35860429(1) - inilah.com
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, Subki Miuldi memastikan dokumen keimigrasian dan keberangkatan Ustadz UAS saat melakukan perjalanan ke Singapura tidak bermasalah. Foto: Antara/Yude

Kantor Imigrasi Batam memastikan perjalanan Ustaz Abdul Somad (UAS) ke Singapura tidak bermasalah. Sebab, dokumen keimigrasian milik UAS lengkap.

“Untuk keberangkatan, dokumen keimigrasian yang UAS lengkap. Untuk itu berangkat dari Batam ke Singapura kemarin tidak ada masalah,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, Subki Miuldi di Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (17/5/2022).

Terungkap, hasil pemeriksaan dokumen itu berdasarkan laporan petugas pemeriksaan imigrasi di Pelabuhan Internasional Batam Center.

UAS hanya berangkat dengan rombongan kecil yang merupakan anggota keluarga. Dengan rombongan kecil ini, Subki menyebutkan, penceramah kondang itu pergi ke Singapura menggunakan kapal Majestic tujuan Batam Center – Tanah Merah, Singapura.

Baca juga
Penolakan UAS, Kemlu Sebaiknya Panggil Dubes Singapura

“Tidak ada pendamping atau protokoler dari UAS yang ikut. Hanya rombongan inti saja. Mengenai jumlah rombongan kebetulan kita juga tidak mengetahuinya,” ungkapnya.

Terkait kabar beredar luas tentang deportasi, Subki menegaskan bahwa UAS tidak mengalami hal tersebut. Melainkan, menuai penolakan masuk saat pemeriksaan paspor Pelabuhan Tanah Merah.

“Bahasanya bukan deportasi, melainkan (terkena) penolakan saat masih dalam proses pemeriksaan dokumen keimigrasian oleh petugas di sana,” tegasnya.

Sedangkan untuk alasannya, pihak Imigrasi Batam juga belum mendapatkan alasan Imigrasi Singapura menolak kedatangan pria berusia 44 tahun itu.

“Mengenai alasan itu otoritas di sana, kami juga tidak mengetahuinya. Namun sepertinya yang ditolak hanya UAS saja, tidak beserta rombongan,” ucapnya.

Baca juga
Luhut: 18 Negara Boleh Masuk Indonesia, Singapura Tak Ada dalam Daftar

Perjalanan untuk Liburan

Sebelumnya, UAS melalui akun Instagram @ustadzabdulsomad_official mengunggah foto tengah berada di dalam ruangan. Ia menulis berada di ruang 1×2 meter seperti penjara di imigrasi.

“Sebelum dideportasi dari Singapore,” katanya.

Lebih lanjut, UAS lewat YouTube Hai Guys Official, Selasa (17/5/22), mengatakan, ia mengalami deportasi setelah tiba di negara tersebut untuk liburan pada Senin kemarin.

“Informasi saya dideportasi itu betul bukan hoaks, Saya ke sana dalam rangka liburan,” katanya.

Lebih lanjut melalui dia menjelaskan,  berangkat ke Singapura bersama istri dan anak.  Termasuk sahabat yang turut serta membawa anak-anaknya. Mereka bertolak dari Batam.

Baca juga
UAS Dilarang Masuk Singapura karena Dilabeli Ekstremis

Namun, UAS tak mengetahui mengapa ia terkena deportasi. Pasalnya, pegawai Imigrasi Singapura tak bisa menjelaskan.

” Jadi yang bisa menjelaskan itu mungkin Ambassador Singapore in Jakarta (Duta Besar Singapura di Jakarta). Apakah karena teroris, apakah karena ISIS, apakah karena bawa narkoba? itu musti ada penjelasan,” tegasnya.

Tinggalkan Komentar