Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Indo Premier Optimistis Investasi Reksa Dana di 2023 Tetap Moncer

Sabtu, 03 Des 2022 - 12:04 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Indo Premier Optimistis Investasi Reksa Dana di 2023 Tetap Moncer - inilah.com
Direktur Utama PT Indo Premier Sekuritas, Moleonoto The saat membuka festival reksa dana FestiFund 2022 bertema “Let Your Money Make Money” di Jakarta, Sabtu (3/12/2022). (Foto: Humas Indo Premier Sekuritas)

Tahun 2022 menjadi tahun pemulihan bagi Indonesia dan dunia, baik dari sisi kesehatan maupun perekonomian. Di tengah tantangan pertumbuhan ekonomi global yang penuh dengan ketidakpastian, ekonomi Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang solid.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi kuartal III-2022 sebesar 5,72% (yoy). Posisi ini jauh lebih tinggi dibandingkan Amerika Serikat (1,8%), Inggris (2,4%), Jerman (1,2%) dan China (3,9%).

Kinerja positif juga terlihat dari kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 6,9% sejak awal tahun.

“Berbagai sentimen positif ini tentunya dapat menjadi pendukung para investor di pasar modal Indonesia untuk tetap optimistis di tahun mendatang,” kata Direktur Utama PT Indo Premier Sekuritas, Moleonoto The saat membuka festival reksa dana FestiFund 2022 bertema “Let Your Money Make Money” pada Sabtu (3/12/2022).

Sikap optimistis akan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik, sambung dia, terlihat dari pertumbuhan investor reksa dana di Indonesia sebesar 2,4 juta selama Januari sampai Oktober 2022.

Sejalan dengan peningkatan investor reksa dana, imbuhnya, dana kelolaan reksa dana yang tercatat di Indo Premier Sekuritas telah menyentuh angka tertinggi sejak pertama kali platform reksa dana IPOTFund diluncurkan.

“Kontribusi Indo Premier untuk pemulihan Indonesia sebagai perusahaan sekuritas dan APERD karya asli Indonesia, kami realisasikan melalui penyediaan infrastruktur investasi yang reliable dan complete melalui platform IPOT untuk transaksi reksa dana dan produk lainnya,” papar dia.

Baca juga
Investasi Berkala Lebih Janjikan Cuan demi Menggapai Tujuan Keuangan

Indo Premier juga memberikan pilihan produk reksa dana terlengkap, dengan lebih dari 270 produk reksa dana dari berbagai kelas aset dan lebih dari 40 manajer investasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabah.

“Kami berkomitmen untuk membimbing dan mengedukasi nasabah melalui berbagai channel edukasi, mulai dari kegiatan edukasi rutin secara virtual, konten-konten di media sosial, in-app content yang dapat diakses kapan saja serta edukasi spesial melalui kegiatan FestiFund 2022 yang diselenggarakan secara virtual maupun tatap muka ini,” terang dia.

Di tengah optimisme ekonomi Indonesia yang bakal menopang kemonceran investasi reksa dana pada 2023, CEO dan Lead Financial Trainer QM Financial Ligwina Hananto dalam paparannya “Financial Check Up!” menjelaskan langkah demi langkah financial check-up yang ideal agar cashflow keuangan benar-benar sehat.

Financial check-up penting dilakukan untuk mengetahui jumlah kekayaan bersih, detail pengeluaran, membuat lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan finansial, evaluasi perubahan kondisi finansial dan mengetahui kemampuan investasi.

Baca juga
TICMI bakal Ajari KPK dan PPATK Soal Mekanisme Saham hingga e-IPO

Sayangnya, kata dia, kebanyakan orang masih terjebak dalam tiga masalah cashflow, mulai dari sulitnya menabung, cicilan utang terlalu besar hingga biaya lifestyle yang tinggi.

“Supaya cashflow sehat maka penting untuk disiplin dalam menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi minimal 10%, pengeluaran gaya hidup maksmimal 20%, cicilan utang maksimal 30% dan pengeluaran biaya hidup dan sosial 40%,” tegas dia.

Sementara Perencana Keuangan dan Founder Finansialku, Melvin Mumpuni dalam paparannya bertajuk “Financial Behavior” menekankan pentingnya mengenali lima tindakan irrasional yang biasa dilakukan investor sehingga membuat investasi tidak maksimal. Kelima tindakan irrasional itu adalah mental accounting, herd behavior, emotional gab, anchoring dan self-attribution.

Solusi agar bisa rasional dalam investasi, jelasnya, yakni dengan merancang dan menempatkan dana investasinya pada pos-posnya yang sudah ditentukan. Selanjutnya, investor wajib melakukan review secara berkala, setidaknya 1 kali dalam 1 bulan untuk memastikan tracking progress, apakah hasil investasi sudah sesuai dengan rencana atau belum dan apakah investasi bulanan masih tetap rutin dijalankan atau tidak.

Artis dan Praktisi Investasi, Adrian Maulana juga berbagi pengalaman dengan topik “Reksa Dana dari Nol”. Ia menekankan pentingnya investasi sejak dini bagi siapa pun karena sejumlah alasan mulai dari inflasi, setiap kita yang pasti akan pensiun, waktu yang tidak bisa diulang, mencapai kemerdekaan finansial dan tentu saja karena investasi itu sudah sangat mudah tak seperti yang dibayangkan dan dipikirkan.

Baca juga
Merdeka dari Gaya Hidup Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita

“Bagaimana jika kita tidak berinvestasi? Kita tentu butuh modal lebih besar untuk mencapai tujuan keuangan dan butuh waktu lebih panjang untuk mencapainya. Salah satu pilihan investasi yang paling mudah saat ini adalah investasi reksa dana,” ucapnya tandas.

Ia pun menjelaskan secara komprehensif daya tarik reksa dana mulai dari penjelasan jenis-jenis reksa dana, strategi Dollar Cost Averaging (DCA), pentingnya memahami prospektus dan fund fact sheet hingga tip-tip memilih reksa dana terbaik bagi pemula.

“Kapan waktu terbaik untuk investasi? Saat ini juga dan jangan menunggu nanti,“ pungkasnya.

Tinggalkan Komentar