Indonesia Batasi Hanya 5 Bandara untuk Kedatangan Internasional

Indonesia Batasi Hanya 5 Bandara untuk Kedatangan Internasional - inilah.com
foto istimewa

Pemerintah membatasi pintu masuk kedatangan warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang berasal dari luar negeri hanya di lima bandara internasional. Aturan itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 dan 54 Tahun 2021.

Lima bandara khusus kedatangan internasional itu di antaranya Bandara Soekarno-Hatta di Banten, Sam Ratulangi di Sulawesi Utara, Ngurah Rai di Bali. Kemudian Bandara Hang Nadim di Batam dan Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syafrizal ZA menjelaskan, dari lima bandara itu terbagi dua untuk WNI dan WNA yang datang dari luar negeri. Untuk WNI yang datang dari luar negeri hanya melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Sam Ratulangi.

Baca juga  Perbarui Aturan Rush Handling, Ini Penjelasan Bea Cukai

“WNA yang menggunakan penerbangan langsung hanya melalui tiga bandara yakni Ngurah Rai, Hang Nadim, dan Raja haji Fisabilillah,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah juga hanya memberikan izin kepada 19 negara yang bisa masuk melalui bali dan Kepri di antaranya Saudi Arabia, United Arab Emirates, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, Italia, Perancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia.

Negara-negara tersebut dipilih sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di negara-negara itu berada pada level 1 dan 2 dengan angka positivity rate yang rendah.

Tinggalkan Komentar