Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Indonesia Gagal Pertahankan Keunggulan dari Singapura

Rabu, 22 Des 2021 - 21:51 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Indonesia Gagal Pertahankan Keunggulan dari Singapura

Timnas Indonesia harus menerima hasil imbang melawan Singapura dengan skor 1-1 di leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

Indonesia sempat unggul saat babak pertama tepatnya menit 21 lewat gol Witan. Keunggulan ini akhirnya, karena pada menit ke-70 lewat gol penyerang Singapura, Ikhsan Fandi.

Ikhsan berhasil lolos dari perangkap offside barisan pertahanan tim garuda.

Main Tiga Bek Indonesia Berakhir Imbang

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menurunkan tiga bek tengah yakni Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho Ramadhani sejak menit pertama. Mereka  berdampingan dengan bek kiri-kanan, Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam.

Dengan formasi lima bek seperti itu, Indonesia sejatinya tak tampil bertahan sepenuhnya. Skuad “Garuda” justru tampil menekan dan tak membiarkan Singapura berlama-lama dengan bola.

Indonesia baru mendapatkan peluang pada menit ke-18 melalui sepakan Witan yang melambung.

Baca juga
Singapura Tolak UAS, Timbulkan Pertanyaan Hubungan Baik Melayu Islam Asia Tenggara

Singapura hampir saja membuka skor melalui sundulan Safuwan Baharudin pada menit ke-22. Namun, kiper Indonesia Nadeo Argawinata mampu menepis bola dengan baik.

Gol Indonesia akhirnya hadir pada menit ke-28. Berawal dari kerja keras Asnawi di sisi kanan, dia lalu melakukan umpan satu-dua dengan Witan di area benteng Singapura. Witan dengan dingin menuntaskan assist Asnawi, melesakkan bola ke gawang menggunakan kaki kirinya.

Tertinggal satu gol, Singapura berusaha membalas tetapi tak ada gol lain tercipta sampai laga memasuki masa jeda.

Usai turun minum, Shin melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Elkan Baggott dan Ezra Walian.

Namun, tempo permainan Indonesia malah menurun dan membuat Singapura sedikit lebih leluasa melancarkan serangannya.

Baca juga
Bakal Lebih Baik di Piala Asia, Coach Tae-yong Jadikan Jordi Amat dan Sandy Walsh Tumpuan

Singapura akhirnya mendapatkan gol pada menit ke-70. Penyerang tersubur mereka di Piala AFF 2020, Ikhsan Fandi lolos dari perangkap offside lalu mengubah assist Faris Ramli menjadi gol.

Gol ketiga Ikhsan di Piala AFF 2020 itu membuat kedudukan imbang 1-1.

Pada menit ke-79, Shin mengeluarkan Ezra Walian yang baru masuk pada babak kedua dengan Hanis Saghara. Hanis sempat melepaskan tembakan pada menit ke-83 yang diamankan kiper Hassan Sunny.

Kedua tim berusaha mendatangkan gol tambahan, tetapi skor tetap seri 1-1 sampai pertandingan tuntas.

Indonesia dan Singapura akan kembali bertarung pada leg kedua semifinal yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12).

Berikut susunan pemain kedua tim.

Singapura: Hassan Sunny-pg, Nazrul Nazari, Shahdan Sulaiman, Ikhsan Fandi (70′, Amy Recha), Faris Ramli (87′, Hafiz Nor), Hariss Harun (kapten), Song Uiyong (66′, Shawal Anuar), Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Zulfahmi Arifin (46′, Anumanthan Kumar), Nur Adam Abdullah (66′, Zulgarnaen Suzliman).

Baca juga
PSSI Pastikan Saddil Ramdani ke SEA Games 2021 Bersama Timnas Indonesia U-23

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Rizky Ridho (46′, Elkan Baggott), Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam (kapten), Rachmat Irianto (66′, Evan Dimas), Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Irfan Jaya (90+1′, Yabes Roni), Dedik Setiawan (46′, Ezra Walian, 79′, Hanis Saghara).

Tinggalkan Komentar