Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Indonesia Kirim Dua Pesawat Penuh Makanan Ke Afghanistan

Minggu, 09 Jan 2022 - 10:29 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Indonesia Kirim Bantuan Makanan Untuk Afghanistan - inilah.com
Indonesia Kirim Bantuan Makanan Untuk Afghanistan

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mengirim dua pesawat penuh makanan untuk rakyat Afghanistan.

Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan berupa makanan dan nutrisi untuk rakyat Afghanistan yang terancam kelaparan dan malnutrisi.

Indonesia terus melakukan koordinasi dengan Badan-badan PBB yang berada di lapangan, khususnya World Food Program.

“Bantuan kemanusiaan ini juga akan bekerja sama dengan WFP dan misi Indonesia di Kabul,” jelas Retno, dalam pernyataan pers.

Retno menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan ini atas respon terhadap situasi yang memburuk di Afghanistan.

“23 juta penduduk terancam kelaparan, jumlah ini melebihi setengah penduduk Afghanistan. Dan lebih dari 3 juta anak-anak Afghanistan juga terancam malnutrisi,” jelas Retno.

Baca juga
Afghanistan Jatuh ke Taliban, Bagaimana Sikap Indonesia?

“Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan. Buat Indonesia, safety and wellbeing rakyat akan selalu menjadi prioritas,” lanjutnya.

Selain bantuan kemanusiaan jangka pendek, Indonesia juga tengah mempersiapkan bantuan jangka panjang antara lain pendidikan dan pemberian kapasitas terutama untuk kaum perempuan Afghanistan.

Di dalam pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Islamabad, Indonesia kembali menegaskan pentingnya penghormatan hak-hak dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan.

Dalam waktu dekat, pembahasan lebih dalam mengenai kerja sama Pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan akan dibahas oleh Menlu Retno dengan Qatar dan wakil dari Afghanistan.

Baca juga
Taliban Berjanji Segera Izinkan Anak Perempuan Kembali ke Sekolah

“Indonesia ingin melihat rakyat Afghanistan, termasuk kaum perempuan Afghanistan dapat hidup damai, stabil dan sejahtera,” jelas Retno.

Tinggalkan Komentar