Indonesia Peringkat 5 Jumlah Vaksinasi COVID-19 Dosis Lengkap

Dokter Reisa Subroto - inilah.com
Dokter Reisa

Indonesia menduduki peringkat ke-5 negara dengan jumlah terbanyak vaksinasi COVID-19 dosis lengkap berdasarkan data Our World in Data Desember 2021.

“Indonesia menduduki peringkat kelima setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat dan Brazil,” kata Juru bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro dalam siaran pers, Jumat (10/12/2021).

Pada kesempatan tersebut, Reisa juga menyampaikan apresiasi kepada semua pejuang dan aktor vaksinasi yang berjasa sebagai pahlawan yang membantu mengakhiri pandemi.

Hingga 7 Desember 2021, sudah lebih dari 100 juta warga Indonesia yang telah mendapatkan dosis lengkap vaksinasi COVID-19. Sedangkan yang telah menerima suntikan dosis pertama total hampir 145 juta orang, atau dengan kata lain, hampir 70 persen dari sasaran vaksinasi sudah menerima minimal satu kali suntikan vaksin COVID-19.

Baca juga  Dokter Reisa, Sudah Vaksin Jangan Abai Prokes

“Berarti masih ada sekitar 45 juta warga yang sedang menunggu dosis keduanya,” tegas Reisa.

Pemerintah mengaku untuk mendukung ketersediaan vaksin, sejak setahun ini, program vaksinasi Indonesia telah menyediakan setidaknya tujuh jenis vaksin. Yakni, Sinovac, Vaksin COVID-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Janssen.

Sedangkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk 11 jenis vaksin Covid-19. Antara lain, Sinovac, Vaksin Covid-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, Sputnik V, Zifivax, Janssen, Convidecia dan Covovax.

Tinggalkan Komentar