Indonesia, Pria Tiga Kali Lebih Banyak Bunuh Diri Dibanding Perempuan

Indonesia, Pria Tiga Kali Lebih Banyak Bunuh Diri Dibanding Perempuan - inilah.com
istimewa

Dr. Sandersan (Sandy) Onie, Peneliti Kesehatan Mental dalam Pencegahan Bunuh Diri menjelaskan tentang fenomena bunuh diri di Indonesia. Terlihat pada 2019 ada 2.6 kasus bunuh diri per 100.000 orang, tingkat bunuh diri pria tiga kali lebih banyak dari perempuan.

“Akan tetapi, kualitas data di Indonesia masih kurang, dan diberi nilai paling rendah oleh WHO,” kata Sandersan, Jakarta, Senin, (13/09/2021).

Masih menurutnya, hal ini disebabkan oleh tidak adanya suicide registry jadi kita tidak tahu sebenarnya seberapa besar masalah tersebut, dan karena stigma, banyak orang tidak melaporkan saat terjadinya bunuh diri.

“Pencobaan bunuh diri bisa sampai 25 – 30 kali lebih banyak dari kasus bunuh diri. Ada sekitar 60 persen dari orang yang melakukan tindakan bunuh diri tidak mencari bantuan profesional,” tambahnya.

Baca juga  Indonesia Optimistis Bisa Atasi Malaysia di Perempat Final Piala Sudirman 2021

Bunuh diri bisa menular, hal tersebut terlihat dari data menunjukan bahwa jika seseorang terekspos kepada kasus bunuh diri, apalagi yang dekat dengan mereka, resiko mereka juga akan bunuh diri juga meningkat.

“Di Indonesia, kita sangat kurang dalam adanya intervensi atau penanganan bunuh diri dikarenakan kurangnya peneliti atau expert yang fokus dalam bidang bunuh diri,” tegasnya.

Tinggalkan Komentar