Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Indonesia Segera Bangun Rumah untuk Jemaah Haji di Makkah

Selasa, 07 Jun 2022 - 16:43 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Jokowi Menlu Arab - inilah.com
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (07/06/2022). (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kerajaan Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud. Kepada Faisal Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah ingin membangun Indonesian House di Kota Mekah.

“Ini adalah untuk memberikan dukungan yang lebih maksimal kepada para jemaah umrah dan haji Indonesia dan kita minta dukungan dari otoritas pemerintah, dari pemerintah Saudi, dan pesan ini akan disampaikan oleh Menlu Saudi kepada otoritas di Saudi Arabia,” kata Menlu RI Retno LP Marsudi dalam pernyataan pers, Selasa (7/6/2022).

Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi terkait kuota haji yang diberikan kepada Indonesia.

Baca juga
Pemilih Jokowi-Ma’ruf Tolak Penundaan Pemilu

“Bapak Presiden mengatakan apresiasi terhadap pelaksanaan haji tahun ini setelah karena pandemi dua tahun tidak dilakukan pelaksanaan haji, dan Indonesia mendapatkan kuota terbesar, lebih dari 100 ribu, tepatnya adalah 100.051 orang,” ujar Retno.

Meski demikian, pemerintah mengharapkan Arab Saudi dapat menambah kuota haji untuk Indonesia.

“Dengan membaiknya situasi pandemi, tentunya harapan kita semua umat Islam seluruh dunia adalah di masa mendatang kuota ini akan terus ditingkatkan dan Presiden mendoakan pelaksanaan haji tahun ini dapat berjalan lancar dan aman. Sementara dari Menlu Saudi Arabia menjelaskan mengenai rencana ke depan apabila situasi membaik tentunya kuota haji akan ditingkatkan dan terus dibangun fasilitas-fasilitas untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji,” pungkas Retno.

Tinggalkan Komentar