Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Indonesia Siap Produksi Vaksin, Ogah Beli Lagi dari Luar Negeri

Kamis, 14 Okt 2021 - 19:31 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Indonesia Siap Produksi Vaksin, Ogah Beli Lagi dari Luar Negeri - inilah.com
ist

Pemerintah menyatakan kesiapan untuk memproduksi vaksin milik sendiri. Pemerintah juga siap untuk menghentikan pembelian vaksin melalui impor untuk mendorong produksi Vaksin Merah Putih.

“Kami dan Kementerian Luar Negeri mencoba mencari solusi untuk tidak lagi impor vaksin dengan berupaya menemukan Vaksin Merah Putih atau vaksin BUMN,” kata Menteri BUMN Erick Thohir di acara Capital Market Summit & Expo, Kamis (14/10/2021).

Hal ini dilakukan pemerintah untuk menciptakan ketahanan kesehatan nasional. Namun dalam produksi vaksin ini pemerintah tetap tak bisa sendiri.

Erick menuturkan, produksi Vaksin Merah Putih akan menjalin kemitraan bersama berbagai pihak mulai dari universitas terbaik dalam dan luar negeri serta lembaga riset. 

Baca juga
500 Ribu Vaksin Astrazeneca Tiba, Bea Cukai Soekarno Hatta Rush Handling

Kementerian BUMN, sambung Erick, berkomitmen mendukung pemulihan kesehatan pada masa pandemi Covid-19, salah satunya megubah wisma atlet menjadi rumah sakit darurat Covid-19.

“Kami bersama Kementerian PUPR juga telah mengonversikan Wisma Atlet Asean Games sebagai rumah sakit darurat penanganan Covid-19 yang efeknya luar biasa,” ujar Erick.

Kementerian BUMN bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah mengembangkan aplikasi PeduliLindungi untuk mendukung pengendalian penyebaran Covid-19 serta memantau mobilitas masyarakat yang sudah divaksin.

“Karena hari ini bukan waktunya kita berdiri sendiri-sendiri tetapi harus kita bergotong-royong menjadi satu. Sehingga integrasi dengan NIK, data vaksinasi, data testing bisa menjadi hal solutif buat rakyat Indonesia maupun turis yang akan datang Indonesia,” paparnya.

Baca juga
Ekonomi Seret Antam Setor Rp1,63 T ke Negara, Pengamat Hingga DPR Kaget

Sementara itu, data dari Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, per Kamis (14/10/2021), total vaksin yang dibeli atau diimpor pemerintah dalam berbagai merek baik bentuk jadi maupun bahan baku atau bulk berjumlah 282.490.700 dosis.

Kemudian Indonesia saat ini juga menjadi negara vaksinasi terbanyak peringkat kelima dunia. Satgas Covid-19 mencatat total vaksinasi ke-1 mencapai 104.308.702 orang, vaksinasi ke-2 60.422.073 orang, dan vaksinasi ke-3 atau booster mencapai 1.045.398 orang.

Tinggalkan Komentar