Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Indonesia Tegaskan Komitmen Terus Bantu Pengungsi Palestina

Jumat, 23 Sep 2022 - 19:18 WIB
Pengungsi Palestina
(dok. Kemenlu RI)

Isu mengenai aksi kemanusiaan di Palestina turut disuarakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi selama mengikuti rangkaian sidang Majelis Umum PBB di New York, AS. Menlu Retno menyatakan bahwa Indonesia terus mendukung peran dan kerja United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) atau badan PBB yang bertugas membantu pengungsi Palestina.

“Indonesia selalu teguh dukung aktivitas UNRWA dan bantu pengungsi Palestina,” ujar Menlu Retno dalam Pertemuan Tingkat Menteri mengenai UNRWA di New York, Kamis (22/9/2022). ​

Ia juga mengungkapkan keprihatinan akan sikap dunia internasional yang seakan menganggap nasib pengungsi Palestina sebagai sesuatu yang normal. ”Padahal para pengungsi Palestina berhak menikmati hidup layaknya kehidupan yang kita jalani,” tegas Menlu Retno.

Atas dasar itulah, Menlu Retno mengajak dunia internasional untuk bekerja sama membantu UNRWA, terutama karena badan itu kini menangani sekitar 5 juta pengungsi Palestina.

Baca juga
Dukung Gugus Tugas Anti-Islamofobia, KH. Mohammad Rofi'i Baidhowi Minta Kecurigaan Berlebihan Atas Islam Dihentikan

UNRWA memulai aktivitasnya pada 1950, untuk membantu warga Palestina yang mengungsi akibat pembentukan Israel. Saat ini, UNRWA mengalami kesulitan keuangan.

Guna mencari solusi atas kesulitan UNRWA, pertemuan tingkat menteri diselenggarakan, diketuai bersama oleh Menlu Swedia Anne Linde dan Menlu Yordania Ayman Safadi.

Menlu Retno menyatakan ada dua hal yang dapat dilakukan untuk membantu UNRWA:​

1. Mengatasi kendala keuangan UNRWA. Indonesia selalu berikan dukungan atas perpanjangan mandat UNRWA dan kontribusi keuangan.

2. Memastikan bahwa UNRWA dalam laksanakan tugas dengan baik. Untuk hal ini, Indonesia dukung rencana Sekretaris Jenderal untuk tingkatkan anggaran UNRWA melalui kontribusi wajib.​

Baca juga
Indonesia Minta Dikeluarkan dari Red List

Menlu menutup pernyataannya dengan menegaskan bahwa dukungan kepada UNRWA merupakan bagian dari upaya solusi damai terhadap isu Palestina.

Sebelum menghadiri pertemuan ini, Menlu Retno telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Palestina Riyad al-Maliki, Rabu (21/9/2022) di PTRI New York, AS. Menlu Retno menyatakan Indonesia akan terus mendukung rakyat Palestina.

Tinggalkan Komentar