https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   03 September 2021 - 11:26 wib

Bingung Temukan Bakat Anak? Ini Tipsnya

Johann Wolfgang von Goethe seorang penulis dan penyair dari Jerman mengatakan, bakat terbentuk dalam gelombang kesunyian, watak terbentuk dalam riak besar kehidupan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bakat diartikan sebagai kepandaian sifat yang dibawa sejak lahir. 

Jadi bakat adalah kesabaran yang panjang pada sesuatu yang orisinil. Ini butuh kemauan dan pengamatan yang intens.

Setiap orang tua mengharapkan anaknya menjadi lebih baik daripadanya. Dengan kata lain, ingin sang anak sukses dikemudian hari. Salah satu faktor anak untuk mencapai kesuksesannya adalah bakat. Setiap anak memiliki keajaiban, hanya saja kebanyakan tidak mengetahuinya atau tak mempercayainya.

Lalu bagaimana cara mengidentifikasi bakat anak? ayo kenali tipsnya dengan cara berikut yang dirangkum Inilah.com dari berbagai sumber: 

Amati Kebiasaan dan Kesukaan Anak

Mengetahui bakat anak bisa dengan memperhatikan kebiasaannya. Apa saja aktivitas yang sering dilakukan sang anak. Pahami juga  kegiatan apa yang menjadi kesukaannya.

Perhatikan apakah si kecil melakukan suatu kegiatan secara fokus dan betah menggeluti aktivitas tersebut dalam periode yang panjang, ada kemungkinan di sanalah letak bakatnya. Tetapi ingat tak bisa dalam satu atau dua hari. Butuh waktu lama. 

Dukung Anak Gali Kemampuan dan Sosialisasi

Mengeksplorasi kemampuan bagian terpenting mengetahui bakat anak. Beri kebebasan melakukan berbagai hal selama bersifat positif mampu mengasah kemampuan anak. Orang tua dapat melihat hasilnya sebagai potensi bakat sang anak.  Lalu memberi kesempatan anak  bersosialisasi secara luas dengan teman-temannya. Saat beraktivitas ia menunjukan kemampuannya atau bakat.

Beri Kesempatan Anak Dalami Suatu Bidang Secara Serius

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kecakapan anak adalah dengan tak meragukannya atas apa yang dilakukannya. Akan ada masanya anak menujukan keseriusannya mendalami hal tertentu yang kemungkinan besar adalah bakatnya.

Tes Bakat Anak

Tips mengetahui bakat anak berikutnya, orang tua perlu melakukan tes bakat anak, bukan tes IQ. Tes IQ adalah tes yang dilakukan untuk menunjukkan kecerdasan secara umum. Sedangkan tes bakat dapat memberikan informasi terkait kecerdasan khusus.

Dari semua tips di atas. Perlu juga dicatat bahwa membekali anak untuk masa depannya tak melulu berkaitan dengan kemampuan akademik atau olah fisik.

Tetapi penting juga kebijaksanaan orang tua mendukung dan mengarahkan anak sejak dini dengan cara yang tepat. Sebab hidup dipercayakan kepada manusia sebagai harta yang tak boleh disia-siakan, tugas orang tua mengarahkan agar anak menggunakan bakat dengan baik dan benar. 


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Mau Hemat BBM? Ini 10 Tips Eco-Driving

Cara berkendara menjadi salah satu faktor utama kebersihan lingkungan dari kadar CO2 (Karbondioks
berita-headline

Inersia

Menghindari Ransomware, Ini Tips dari Kaspersky

Tak sedikit pengguna PC yang mengeluh menjadi korban ransomware, data-data mereka dikunci
berita-headline

Inersia

Tips Siap Bertarung di Festival Belanja Online 9.9

Festival belanja online 9.9 sudah di depan mata. Beragam platform e-commerce bersia
berita-headline

Inersia

Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar dari Rifat Sungkar

Saat PPKM seperti sekarang ini tentunya banyak mobil yang hanya terparkir di garasi rumah. Meski
berita-headline

IXU

Tips Percepat Pelunasan KPR, Dari 15 Tahun Jadi 5 Tahun Saja

Bagi kaum KPR-an, cicilan puluhan tahun adalah resiko punya rumah dengan dana terbatas. Tapi tahu