https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   10 September 2021 - 13:15 wib

Lionel Messi Ukir Rekor Jadi Raja Gol di Amerika Selatan, Kalahkan Legenda Brasil

Inersia
berita-headline

(Ist)

Sejarah diciptakan Lionel Messi bersama Timnas Argentina. Pemain anyar PSG tersebut resmi menjadi pencetak gol terbanyak di kancah region Amerika Selatan dengan 77 gol.

Setelah menanti kurang lebih selama 50 tahun, sepak bola Amerika Selatan akhirnya memiliki kampiun gol baru dalam diri Lionel Messi. Sumbangan trigol Messi ke gawang Bolivia mengantarkan dirinya menjadi pencetak gol terbanyak bagi tim nasional di Amerika Selatan. Ia menggeser Edson Nascimento alias Pele, legenda Brasil.

Pele sebelumnya mencatatkan diri sebagai pemain tersubur di kawasan Amerika Selatan dengan torehan 77 gol bagi “Selecao”. Catatan itu dicatatkan Pele ketika menjalani laga ke-91 bersama Brasil dalam pertandingan uji coba melawan Austria di Sao Paulo, 11 Juli 1971. Kala itu, sebuah gol Pele membuat Brasil bermain imbang 1-1 kontra Austria.

Setelah era Pele, Amerika Selatan sejatinya tidak mengalami kevakuman penyerang tajam di dunia sepak bola. Brasil, misalnya, memiliki Ronaldo dan Romario. Adapun Argentina juga menghadirkan pemain subur, seperti Mario Kempes dan Diego Maradona.

Akan tetapi, keempat pemain itu gagal melampaui rekor gol Pele. Bahkan, tidak ada pula yang mampu menyentuh angka 70 gol selama berseragam timnas.

Namun, Pele akhirnya harus turun takhta berkat ketajaman salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola modern, Messi. Usai mencetak tiga gol untuk membawa Argentina melibas Bolivia 3-0 di Stadion El Monumental, Buenos Aires, Jumat (10/9/2021) pagi WIB, pemilik nomor 10 itu telah menciptakan 79 gol dalam 152 berseragam “La Albiceleste”. Alhasil, Messi rata-rata mencetak 0,52 gol di setiap laga untuk timnas.

Adapun Pele mampu mencatatkan 0,82 gol per laga ketika membela “Selecao”. Pada periode 1957 hingga 1971, Pele memainkan 92 laga dengan sumbangan 71 gol untuk Brasil.

Sebelumnya, Messi juga telah memecahkan rekor 644 gol yang dicetak Pele untuk satu tim, yakni Santos, Desember 2020 lalu. "La Pulga", julukan Messi, menghasilkan 672 gol dari 778 pertandingan selama 17 musim bermain untuk Barcelona.

Messi memang memiliki rasio gol lebih rendah dibandingkan Pele. Namun, Messi hanya butuh satu gol lagi untuk menjadi pemain Amerika Selatan pertama yang bisa menciptakan 80 gol di laga internasional. Dalam sejarah sepak bola, baru ada empat pemain yang mencatatkan lebih dari 80 gol bagi timnas.

Seusai laga melawan Bolivia itu, Messi pun terlihat amat emosional. Ia tidak bisa menahan air mata bangganya ketika melakukan wawancara di akhir pertandingan.

“Ini adalah momen yang unik karena saya memimpikan dan menunggu sangat lama untuk mencapai (rekor) ini. Tidak ada yang lebih istimewa dibandingkan merayakan capaian ini di hadapan para pendukung. Ibu dan saudara saya juga menyaksikan di tribune,” kata Messi demikian dilansir Reuters.


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Terlapor Kasus Dugaan Pelecehan di KPI Ancam Lapor Balik Korban

Terlapor atau terduga pelaku perundungan dan pelecehan seksual yang merupakan karyawan Komisi Pen
berita-headline

Inersia

Tetangga Berisik Lapor Polisi, No, Tetangga Berisik Beli Rumahnya, Yes

Meski usianya tak lagi muda, Lionel Messi masih sangat berharga bagi dunia sepakbola. Di usia 34
berita-headline

Viral

KPI Nonaktifkan 7 Pegawainya Buntut Dugaan Pelecehan

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberhentikan sementara seluruh terduga pelaku perundunga
berita-headline

Viral

Bukti Messi Jadi Lumbung Duitnya PSG

Dengan kedatangan Lionel Messi di PSG berpotensi memberikan suntikan pundi-pundi uang besar bag
berita-headline

IXU

Terlapor Pelecehan Seksual Pegawai KPI Ancam Lapor Balik, Dasar Hukumnya Kuat atau Lemah?

Pertanyaan : Terlapor pelecehan seksual sesama jenis pegawa