https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   15 September 2021 - 14:44 wib

Cerita Nadiem Makarim Nginap di Rumah Guru

Inersia
berita-headline

Mendikbudristek Nadeim Makarim bercerita soal pengalaman menginap di rumah seorang guru di Yogya

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membagikan pengalamannya sebagai menteri menginap satu malam di rumah salah satu guru di Yogyakarta.

Sebelum diterima menginap dirumahnya, momen ibu guru Khoiry Nuria kaget tak percaya juga menarik perhatian. Saking tak percaya ada menteri di depan rumahnya, Bu Nuri sampai meminta Nadiem membuka maskernya untuk memastikan, 'apa benar Mendikbudristerk datang malam-malam kerumahnya dan mau nginep?' begitu kira-kira gambaran tak percaya Bu Nuri.

Setelah Nadiem membuka masker, Bu Nuri membuka pintu rumahnya lebar-lebar dan mempersilahkan masuk Nadiem. Sebelum menginap, Nadiem disambut dengan hidangan makan malam bersama keluarga.

Nadiem Makarim juga mendokumentasikan momen menginap di rumah guru tersebut dalam sebuah vlog. Dalam video berdurasi 31 detik itu, Nadiem bercerita bahwa ia diterima dengan sangat baik di rumah itu.

Menteri Nadiem dan Ibu Nuri banyak berbincang mengenai keseharian dan suka-duka sebagai seorang guru. Tidak lupa, Menteri Nadiem memberi semangat kepada Ibu Nuri sebagai calon Guru Penggerak.

"Halo saya lagi di rumahnya Bu Nuri, sebenarnya rumah mertuanya Bu Nuri. Bu Nuri itu guru penggerak, yang baik hati sekali dan membolehkan saya menginap satu malam di rumahnya di Jogja," ujar Nadiem dalam vlognya.



"Ini merupakan malam pertama saya menginap di ruangan ini udah disiapin semuanya, baik sekali keluarganya disuguhin makanan, terima kasih bu Nuri udah jadi tuan rumah yang luar biasa," lanjutnya.

Nadiem memuji pengobranan dan perjuangan sosok Bu guru Nuri dalam melakukan edukasi."Program Guru Penggerak itu adalah salah satu program terpenting Kemendikbudristek, karena program ini adalah regenerasi pemimpin-pemimpin sekolah. Kalau saya tidak lagi menjabat sebagai menteri, yang akan meneruskan transformasi pendidikan adalah para Guru Penggerak," ujar Menteri Nadiem.

Nadiem menyampaikan terima kasih kepada keluarga Bu Nuri yang telah mengizinkannya menginap di rumah mereka."Terima kasih Bu Nuri dan keluarga yang sudah menerima saya menginap di sini. Terima kasih juga untuk gudeg, krecek, dan tahu tempe bacemnya yang enak banget!" pungkas Nadiem.

Ibu Nuri yang pernah mengenyam 8 tahun sebagai guru dan 3 tahun sebagai kepala sekolah di sekolah Muhammadiyah, kini memilih menjadi guru di sekolah negeri. Ia mengaku tergerak untuk melakukan transformasi pendidikan di sekolah tempatnya mengajar.

"Insya Allah saya akan berkomitmen untuk mengabdikan diri menjadi guru penggerak demi transformasi pendidikan. Kedatangan beliau menjadi motivasi bagi saya untuk selalu tergerak, bergerak dan menggerakkan komunitas serta selalu berubah, berbagi dan kolaborasi," begitu jawab Bu Nuri.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Seluruh Guru 3T Disiapkan Dana Insentif dari Kemendikbudristek

Kabar baik bagi guru yang mengajar di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T)  akan m
berita-headline

Viral

173.329 Guru Honorer Lulus PPPK Tahap I, Nadiem: Terbesar dan Bersejarah

Sebanyak 173.329 guru honorer lulus menjadi aparatur sipil negara berstatus pegawai pemerintah de
berita-headline

Viral

Kanal Indonesiana, Solusi Kemendikbud Memajukan Budaya Lokal

Gotong royong pemajuan kebudayaan dilakukan lewat platform Indonesiana yang didukung 
berita-headline

Viral

Hari Kesaktian Pancasila Nadiem Singgung Ketimpangan Geografis-Sosiologis

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila mesti dijadikan kesempatan bagi negara guna merancang kesetar
berita-headline

Empati

Guru Honorer 'Nyambi' Tukang Bangunan dan Ojek Curhat ke Nadiem

Sukardi Malik menceritakan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud