https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   18 September 2021 - 23:51 wib

Catat Rekor Baru di Misano, Bagnaia Klaim Pole Position GP San Marino

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia meraih pole position untuk Grand Prix San Marino, Italia, setelah ia memecahkan rekor Sirkuit Misano di babak kualifikasi, Sabtu (18/9/2021).

Dengan catatan waktu 1:31,065, Bagnaia mengklaim pole position ketiganya musim ini, mengalahkan rekor lap terbaik sebelumnya yang dicatatkan oleh Maverick Vinales (1:31,077) ketika masih membalap untuk Yamaha.

Jack Miller terpaut 0,249 detik dari rekan satu timnya itu demi membawa dua motor Ducati start terdepan. Adapun pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo harus puas di posisi ke-3 setelah terjatuh di upaya time attack terakhirnya.

Dengan hasil tersebut, Quartararo juga mempertahankan tren positif pada kualifikasi dengan 13 kali start dari baris terdepan dari 14 balapan musim ini.



Duet tim Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco, melengkapi posisi lima besar di depan dua pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro dan Marc Marquez yang terjatuh saat mencoba mengambil keuntungan melaju di belakang Bagnaia.

Aprilia mengirimkan dua wakilnya langsung ke kualifikasi kedua (Q2) ketika Aleix Espargaro mengamankan posisi ke-8 dan Maverick Vinales akan start dari posisi ke-10.

Sementara Suzuki lagi-lagi tak bisa menemukan kecepatan yang dibutuhkan di kualifikasi, ketika Alex Rins dan Joan Mir hanya mampu merengguh posisi ke-9 dan ke-11.



Bagnaia tiba di sirkuit kampung halamannya dan kandang dari Ducati itu dengan motivasi tinggi menyusul kemenangan perdana sang pebalap Italia pada kelas premier ketika dia menahan gempuran Marc Marquez sedari start terdepan di Aragon pekan lalu.

Sementara Quartararo berharap bangkit dari masalah ban belakang yang dialaminya di Aragon untuk menjaga keunggulan 53 poin dari Bagnaia yang membayangi pada peringkat dua.

Valentino Rossi meneruskan tradisinya mengenakan helm dengan livery spesial, kali ini dengan desain pita merah jambu dengan latar putih, untuk membalap di sirkuit yang berjarak hanya 10 kilometer dari rumahnya itu.

Namun, The Doctor harus menelan kecewa ketika hanya mampu start dari posisi ke-23 setelah terjatuh di kualifikasi kedua (Q2).



Pembalap berusia 42 tahun asal Italia itu memiliki lima balapan tersisa sebelum menutup kariernya dengan tujuh gelar juara dunia MotoGP dan menjadikan dia ikon di Italia.

Balapan terakhir di kampung halaman Rossi akan digelar bulan depan bertajuk Grand Prix Made in Italia yang juga digelar di Misano.

Grand Prix San Marino akhir pekan ini juga diwarnai kembalinya Franco Morbidelli dan Andrea Dovizioso setelah kedua pebalap mendapat kontrak baru dari Yamaha.

Setelah menjalani bedah lutut kirinya pada Juni lalu dan melewatkan lima balapan musim ini, Morbidelli dipromosikan ke tim pabrikan Yamaha menggantikan Maverick Vinales yang hengkang tengah musim.

Sedangkan Dovizioso, yang meneken kontrak dengan Yamaha hingga 2022, mendapat tugas lebih dini sebagai tandem Valentino Rossi di tim satelit SRT menyelesaikan lima balapan tersisa musim ini.

Morbidelli bakal start dari posisi ke-16, sedangkan Dovizioso di posisi buncit alias ke-24.

Dua pebalap wildcard bakal meramaikan balapan seri ke-14 di kalender MotoGP 2021 itu ketika Honda menurukan tes rider Stefan Bradl dan Ducati menugasi kembali Michele Pirro.