https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   23 September 2021 - 14:43 wib

Lagi Bertengkar Dengan Pasangan, Intip Cara Menjinakkan Hatinya

Lagi bertengkar dengan pasangan, bingung cara memulai obrolan atau gengsi kalau minta maaf duluan?

Pertengakaran dalam sebuah hubungan pasti terjadi, atau bahkan, sering terjadi. Tetapi, jika kita memiliki komitmen dalam menjalin hubungan, jangan biarkan pertengkaran menjadi tanda perpisahan.

Seorang bijak pernah mengatakan, 'semua masalah bisa dan harus dibicarakan'. Nah untuk itu, bagi para pasangan di luar sana yang sedang bertengkar, ada baiknya membaca jurus mendamaikan pertengkaran antar pasangan yang sudah dirangkum Inilah.com dari berbagai sumber.

1. Mulailah dengan pujian
Memulai perbincangan dengan kalimat positif cenderung lebih baik ketimbang mengawalinya dengan kalimat penuh amarah. Mungkin sulit bagi kamu untuk memuji kelebihan pasanganmu ketika sedang marah, namun percayalah, hal ini bisa memberikan efek yang lebih baik.

Misalnya jika kamu tidak suka pasangan sering pulang larut malam karena bekerja, kamu bisa mengungkapkan betapa bangganya kamu memiliki pasangan seorang pekerja keras. Namun, ungkapkan pula kepadanya bahwa kamu merasa khawatir terhadap kondisi kesehatannya.

Beri tahu pasangan bahwa keluarga di rumah juga memerlukan perhatian darinya. Setelah itu, sampaikan baik-baik bahwa kamu ingin ia segera pulang ke rumah jika tidak ada hal yang benar-benar penting setelah jam kantor usai.

2. Ungkapkan dengan nada atau intonasi yang lembut
Nada atau intonasi suara saat berargumen sangat menentukan arah pertengkaran. Jika saat bertengkar kamu berbicara dengan nada yang tinggi, maka suasana akan jadi lebih memanas. Kemungkinan untuk perkataanmu didengar olehnya juga cenderung lebih kecil.

Jika pasanganmu yang berbicara dengan nada tinggi, cobalah untuk tetap menanggapinya dengan suara tenang. Merendahkan volume suara dianggap bisa membuat orang lebih fokus membicarakan topik permasalahan. Sebaliknya, suara lantang bisa membuat orang emosi hanya dengan mendengar nada tersebut.

3. Hindari menyelesaikan masalah saat sedang lelah
Beberapa pasangan memilih untuk bersikeras menyelesaikan masalah sebelum tidur. Namun menurut beberapa ahli, menunda penyelesaian masalah sampai kamu dan pasangan sudah mendapat istirahat yang cukup justru akan lebih baik.

Alasannya adalah karena setelah beristirahat, kamu dan pasangan akan lebih tenang. Pikiranmu dan pasangan juga sudah lebih jernih, sehingga lebih mampu menyelesaikan masalah tanpa menciptakan konflik baru.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga bisa membuat konflik sulit untuk diselesaikan. Jadi, biarkan kondisi fisik dan mentalmu segar terlebih dahulu sebelum membahas masalah yang terjadi.

4. Cobalah untuk lebih mengatakan hal yang spesifik
Hindari penggunaan kata selalu atau tidak pernah, karena keduanya memberi kesan generalisasi. Padahal, belum tentu pasangan selalu melakukan hal tersebut.

Akan lebih baik jika kamu spesifik dalam mengungkapkan keinginanmu. Misalnya, jika kamu memiliki pasangan yang workaholic dan terlalu sibuk dengan pekerjaan, sampaikan bahwa kamu menghargai kerja kerasnya namun kamu juga rindu menghabiskan waktu berdua dengannya.

Kalimat ini lebih spesifik dan tentunya lebih efektif, dibandingkan kamu mengatakan bahwa ia tidak pernah punya waktu untuk keluarga.

5. Berikan sentuhan pada pasangan
Ketika sedang bertengkar, cobalah untuk memberi sentuhan kepada pasanganmu, misalnya memegang tangannya atau memeluknya, lalu lihat reaksinya.

Menurut sebuah studi, sentuhan bisa menurunkan tingkat stres dan memberi efek menenangkan. Sentuhan juga kerap dapat menyelesaikan masalah ketika hal-hal di atas tidak berhasil memberikan efek positif.

Pasangan yang bertengkar saat menghadapi konflik dalam rumah tangga merupakan hal yang biasa. Namun, ingatlah untuk menghadapi pertengkaran dengan cara yang tepat, sehingga tidak mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Jika konflik tidak kunjung selesai, kamu dan pasanganmu bisa melakukan konseling pernikahan dengan konselor atau psikolog yang khusus menangani hubungan dalam rumah tangga.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Lima Solusi Sandra Dewi Atasi Stres Hadapi Pandemi

Ibu dari dua anak laki-laki, Sandra Dewi, berbagi cerita bagaimana cara menghadapi stres.S
berita-headline

Inersia

Mau Hemat BBM? Ini 10 Tips Eco-Driving

Cara berkendara menjadi salah satu faktor utama kebersihan lingkungan dari kadar CO2 (Karbondioks
berita-headline

IXU

Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Lebih Cepat

Pertanyaan: Bagaimana memaksimalkan fitur hemat baterai pada Smartphone? Apakah ada syarat khu
berita-headline

Inersia

WILONA Wedding Fest Solusi Menikah di Tengah Pandemi

Pandemi belum diketahui kapan akan berakhir. Tidak sedikit para calon pasangan pengantin tetap me
berita-headline

Inersia

Ini Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri oleh Perempuan

Di era seperti sekarang ini, tak hanya pria yang beraktivitas menggunakan mobil, tapi wanita juga