https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   25 September 2021 - 10:56 wib

Ternyata Kendari Kota Masa Depan Dunia

Inersia
berita-headline

Foto Istimewa

Kendari merupakan nama Kota Madya sekaligus Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara. Kota ini memiliki luas 301,00 km² (30.100 Ha).

Kota Kendari terdiri dari 10 kecamatan dan 64 kelurahan. Sesuai data tahun 2020, jumlah penduduknya sebanyak 343.202 jiwa. 

Kendari Kota Masa Depan Dunia

Kendari menjadi salah satu kota yang sangat beruntung. Wilayahnya memiliki banyak sumber daya alam yang mampu bersaing dengan kota lainnya baik di tingkat Nasional maupun Internasional. 

Mulai dari memiliki teluk yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Kendari Beach di tengah kota. Ada tambang emas dan tambang nikel. Bahkan konon katanya deposit terbesar nikel ada di sana. 

Pada suatu kesempatan, tepatnya awal tahun 2020, Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir diundang ke Malaysia.

Di sana hadir sejumlah stakeholder lingkungan dunia. Masing-masing diberi kesempatan lima menit untuk menyampaikan tentang daerah yang diwakili.

Saat tampil, Sulkarnain Kadir, yang juga diketahui sebagai politikus Partai Keadilan Sejahtera itu, menyampaikan bahwa Ia hadir dari sebuah kota yang menjadi masa depan dunia. 

Ucapan suami dari  Sri Lestari itu membuat para peserta bertanya, kenapa kota yang diwakilkan olehnya menjadi masa depan dunia? 

Pria kelahiran 4 Maret 1978, jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo itu, mengawali  penjelasannya bahwa, basis pengelolaan energi terbarukan adalah baterai. Sementara komponen utama baterai adalah nikel. 

"Nah deposit nikel terbesar di dunia itu berada di asia tenggara di tempat saya,"  cerita Sulkarnain Kadir, saat hadir sebagai narasumber Inilah Podcast,  Jumat (24/6/2021).


Sekarang pemerintah pusat sedang gencar membangun investasi berbasis terbarukan. Urgensi energi tersebut untuk mengurangi emisi.

Tak hanya demikian belakangan telah gencar soal mobil listrik. Ini sudah mulai menjadi tren dunia. Bahkan sejumlah produsen baterai global  bersiap-siap mendirikan pabrik dalam rangka menyupali kebutuhan bagi mobil listrik .  

Hal itu disambut Kendari dengan mengerahkan segala potensi sekaligus memperkenalkan secara terbuka tentang sumber daya alam yang dimiliki, tak hanya tingkat nasional tetapi juga dunia. Dengan harapan kemudian hari dapat dinikmati khalayak serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

"Kendari juga memiliki perikanan yang sangat luar biasa. Saya berani klaim bahwa ikan paling segar di Kendari. Jadi ini menambah salah satu poin bahwa sumber daya di Kendari tak kalah sama dengan wilayah lainnya," tutup ahli accounting tersebut.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Tersesat di Jalan yang Benar ala Wali Kota Kendari H Sulkarnain Kadir

Tak ada dalam benak Sulkarnain Kadir muda untuk menjadi anggota DPRD, politisi, atau wali kota se
berita-headline

Kanal

Kota Kendari Jadi Kota Layak Anak 2021

Kota Kendari dinobatkan sebagai kota layak anak setelah berhasil mendapatkan penghargaan pengharg
berita-headline

Kanal

Update COVID-19 di Kendari: Kasus Aktif Semakin Turun

Kasus Covid-19 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara terus mengalami penurunan yang signifikan. Hal
berita-headline

Kanal

Wali Kota Kendari: Hari Cuci Tangan Sedunia Momentum Bangun Kota yang Sehat

PBB telah menetapkan setiap tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTP
berita-headline

Kanal

Naik Mobil Listrik di Kendari Sudah Oke? Begini Jawaban Walikota

Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir diketahui sudah sejak beberapa bulan lalu menggunakan mobil