https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 September 2021 - 12:11 wib

Viral Bocah SD Lintasi Sungai Pakai Styrofoam, Fadli Zon: Padahal Sudah Mau Bikin Mobil Listrik

Inersia
berita-headline

Anggota Komisi I DPR Fadli Zon mengomentari video bocah SD yang kedapatan menyebrang sungai menggunakan styrofoam

"Luar biasa negara kita. Padahal sebentar lagi mau buat mobil listrik," cuit Anggota Komisi I DPR Fadli Zon mengomentari video bocah SD yang kedapatan menyebrang sungai menggunakan styrofoam.

Kritik Fadli Zon seakan menampilkan kontras rencana prestisius pemerintah dengan kondisi anak bangsa. Dalam tayangan video itu memperlihatkan bagaimana sekelompok anak yang tengah menyebrangi melalui tempat penyimpan ikan itu.

Video diunggah oleh salah satu tokoh Nahdlatul Ulama yaitu Umar Hasibuan atau Gus Umar. Dalam captionnya, Gus Umar menambah keterangan ‘Stlh 76 thn Kemerdekaan RI dalam video yang unggah di akun Twitter miliknya @UmarChelsea.

Tak hanya Fadli Zon, video perjuangan bocah-bocah SD tersebut juga 'menyentuh' mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sembari menunjukkan foto tentang kapal miliknya, Susi kemudian mengajak Fadli Zon patungan membantu.

"Pak Fadli Zon, dimana ini? Kita bisa patungan saya kasih perahu susi cek ombak dan mesinnya .. Bapak yg bayar ongkosnya transport kesananya. Kita patungan bisa bantu mereka," kata Susi.

Setelah viral dan diketahui lokasinya, pemerintah daerah melarang anak-anak menyebrang sungai menggunakan styrofoam. Anak-Anak SD yang videonya viral itu diketahui berada di Desa Kuala Sungai 12, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Camat Tulung Selapan, Jemi mengatakan pihaknya bersama kapolsek dan danramil menyambangi desa tempat anak SD tersebut. Ia pun meminta warga setempat melarang anaknya menyeberang dengan styrofoam."Kami imbau orang tua siswa tak lagi membiarkan anak-anak menyeberang sungai dengan styrofoam," ujar Jemi.

Jemi menyebut warga sempat terusik atas video siswa SD yang menyeberang menggunakan styrofoam tersebut viral di media sosial.

Menurutnya, perekam video tersebut merupakan warga pendatang yang bekerja di lahan tambak milik warga. Jemi berujar kemungkinan warga tersebut tidak terbiasa melihat anak-anak tersebut menyeberang menggunakan styrofoam sehingga merekamnya.

"Anak-anak di sini sudah terbiasa dengan air. Bahkan mereka mampu menyeberangi sungai selebar 120 meter ini dengan berenang," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Kuala Sungai Dua Belas, Hartoni mengungkapkan total penduduk di desa tersebut mencapai 540 kepala keluarga. Sebagian besar mata pencarian sebagai nelayan dan petani sarang burung walet. Warga di kawasan tersebut hidup terbiasa dengan transportasi air.

Di desa tersebut, terdapat dua SD yakni SD Dusun Darat dan Dusun Buntuan. Styrofoam yang digunakan anak-anak dalam video yang viral tersebut merupakan wadah untuk menyimpan ikan hasil tangkapan. Anak-anak sudah terbiasa menggunakan styrofoam tersebut untuk bermain di sungai.

"Itu biasa bagi anak-anak kami yang tinggal di laut seperti di sini. Kalau sehari-hari mereka diantar orang tuanya menggunakan sampan untuk bersekolah atau beraktivitas lain. Orang tuanya orang mampu, bahkan punya speedboat," ujarnya.

Hartoni mengatakan terdapat jembatan yang menjadi akses ke sekolah, namun jarang digunakan sebagai akses utama karena warga terbiasa menggunakan transportasi perairan.

"Kami yang berada di perairan seperti ini terbiasa menggunakan transportasi air karena lebih mudah aksesnya, jangan dibesar-besarkanlah," katanya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Habib Syakur Ingatkan Fadli Zon Tak Berlebihan Komentar

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid mengingatkan  angg
berita-headline

Viral

Satu Keluarga di Banjarmasin Tewas, Susi Pudjiastuti Minta Maaf

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merasa ikut bersalah setelah mendengar ada
berita-headline

Viral

Baim dan Kakek Suhud Duduk Berdampingan, Saling Menatap Serta Tebar Senyuman

Aktor sekaligus YouTuber Baim Wong akhirnya bertemu langsung dengan kakek Suhud.
berita-headline

Inersia

Emak-Emak Lagi Dagang Dipukul Preman, Lapor Polisi Malah Jadi Tersangka

Apes betul nasib emak-emak di Deli Serdang, Sumatera Utara ini. LG inisialnya, pedagang di Pasar
berita-headline

Inersia

Setelah Tahu Arti Yamet Kudasi, Warganet: Otak Saya Langsung Traveling

Lagu Yamet Kudasi yang viral di media sosial membuat sejumlah selebgram ikut-ikutan menari mengik