https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 September 2021 - 15:48 wib

Pidato Dihadapan Menteri, Cinta Laura Beri Pesan Mendalam: Our Culture is Cool, Not Old School

Inersia
berita-headline

Aktris Cinta Laura Memberikan Pidato Tentang

Aktris sekaligus penyanyi cantik Cinta Laura menjadi perbincangan warganet beberapa hari terakhir. Bahkan namanya sampai trending di Twitter belakangan. Kenapa belakangan? karena pidatonya di salah satu acara kementerian, baru diketahui belakangan.

Semua berawal dari Cinta yang diberi kesempatan untuk berpidato oleh Kementerian Agama dalam acara Malam Peluncuran Aksi Moderasi Beragama pada Rabu, 22 September 2021.

Dihadapan sejumlah menteri, Cinta berbicara soal "Moderasi Beragama Dimata Anak Muda". Dalam postingan IG TV di Instagramnya @claurakiehl, acara tersebut sudah berlangsung pada Rabu (22/9/2021), lalu. Tetapi Cinta Laura mengunggah acara tersebut ke media sosialnya karena permintaan netizen.

"Untuk kalian yang dari kemarin ingin aku mem-post pidatoku di acara @kemenag_ri @pendiskemenag @direktorat.pai ... INI DIA!,” tulisnya dalam postingan @claurakiehl.

Dalam pidatonya, Cinta mewakili generasi milenial dan Gen Z, bertanggungjawab dalam beberapa tahun ke depan atas arah yang akan diambil negara untuk menjadi lebih maju, modern, sejahtera dan terkemuka di mata dunia.

"Tapi nilai-nilai apa saja yang harus kita terapkan ke masyarakat Indonesia agar mimpi-mimpi ini bisa terealisasi?" tanyanya.
 
Saat ini, kata Cinta, kita dalam situasi sulit. Dimana ada polarisasi dalam opini masyarakat."Terlihat jelas, bahwa adanya ketidaksepakatan tentang apa yang dibutuhkan negara ini agar bisa benar-benar menjadi satu kesatuan yang kuat," ungkapnya.

Dalam satu sisi, generasi muda sekarang mempunyai keinginan besar untuk mempromosikan budaya dan identitas bangsa. Pentingnya untuk negara-negara di luar sana melihat potensi, keunikan dan kehebatan negara ini.

"Tapi disisi lain, sampai detik ini, kita semua masih sering berkelahi, dan menjatuhkan satu sama lain, hanya karena perbedaan ras, suku dan terutama agama," keluh aktris blasteran tersebut.

Ironis kata Cinta, padahal pada pasal 1 Undang-Undang PNPS tentang kebebasan beragama mengatakan adanya 6 agama utama dalam negara."Bukankah moto negara ini, Bhinneka Tunggal Ika, yaitu berbeda tapi satu," tegasnya. Tapi, walaupun dengan pondasi negara yang begitu memeluk perbedaan dan toleransi, konflik tetap saja terjadi.

Sebagai lulusan psikologi dan sastra Jerman, Cinta mengaku punya perhatian khusus terhadap cara berpikir manusia."Oleh karena itu, pengetahuan tersebut saya perdalam dengan mempelajari filosofi," paparnya.

Cinta juga mengutip kata-kata salah satu filsuf terbesar dunia asal Prancis, Rene Descartes."Dia (Descartes) mengatakan, manusia adalah makhluk yang finite atau terbatas. Sedangkan Tuhan adalah sosok yang infinite atau tidak terbatas," kata Cinta.

"Oleh karena itu, bagaimana kita sebagai makhluk yang terbatas bisa memahami esensi dari apa yang tidak terbata," imbuhnya.

"Inilah salah satu akar dari masalah kita miliki dalam masyarakat Indonesia sekarang. Karena pemahaman yang terbatas dan pemikiran yang tidak kritis, orang-orang terjebak dalam cara berpikir di mana mereka telah memanusiakan Tuhan," tegasnya.

"Merasa memiliki hak dalam mendikte kemauan Tuhan, merasa tahu pikiran Tuhan, dan merasa berhak bertindak atas nama Tuhan. Inilah yang akhirnya sering kali berubah menjadi sifat radikal," cetus pelantun lagu Markisa itu.

Cinta juga mengungkapkan hasil obrolannya dengan Habib Husen Jaffar tentang bahaya yang masyarakat alami sekarang adalah mengatasnamakan tuhan untuk kepentingan pribadi. Menyesatkan generasi penerus bangsa dengan prinsip hidup yang sebenarnya tidak ada dalam holyscript.

"Hingga satu kesimpulan tujuan agama satu, yaitu membimbing kompas moral manusia utnuk mengingatkan manusia bahwa kita harus memperlakukan satu sama lain dengan hormat," tegasnya.

"our culture is cool, not oldschool," ucapnya fasih dalam bahasa inggris.

Menteri Agama Gus Yaqut yang mendengarkan langsung pidato Cinta, tak bisa menutupi rasa bangganya."Tidak banyak anak muda Indonesia bisa memberikan dan mampu memberikan pidato dengan makna sedalam itu," kata Qus Yaqut dalam pidato sambutannya yang videonya diunggah kanal Youtube Pendis Channel.

"Saya pengin nangis tadi, tapi saya malu ada istri saya. Ini luar biasa," kata Gus Yaqut menambahkan.

Gus Yaqut kemudian mengatakan bahwa pidato seperti yang disampaikan Cinta Laura sebelumnya sering disampaikan pula disampaikannya sebelum menjabat sebagai Menteri Agama."Saya terus terang, sebelum saya ditugaskan Presiden di sini, apa yang disampaikan Cinta Laura ini biasa saya pidatokan berjam-jam di depan kader-kader Ansor dan Banser," tuturnya.

Cinta Laura adalah salah satu artis yang menjadi panutan dalam bidang pendidikan oleh netizen Indonesia. Tak mengagetkan apabila Cinta Laura dapat berpidato di depan para orang penting Indonesia. Cinta Laura yang merupakan artis lulusan dari kampus Ivy League, Amerika Serikat. Cinta juga mengaku menaruh perhatian kepada dunia pendidikan Indonesia. Bahkan ia memiliki yayasan pendidikannya sendiri bersama keluarganya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Trending di YouTube, Video Klip Adele Easy On Me Raih 37,4 Juta Views

Penyanyi solo perempuan, Adele akhirnya mengeluarkan single terbaru setelah lima tahun. Lagu E
berita-headline

Inersia

Perubahan Konfigurasi Router Jadi Penyebab Layanan WhatsApp Tumbang

Facebook memaparkan penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram, yang berdampak ke
berita-headline

Viral

Sebut Fajar/Rian Kurang Dikenal, Menpora Kena 'Smash' Netizen Lagi

Menpora Zainudin Amali kembali mendapat 'smash' dari netizen terkait ucapannya tentang pasangan g
berita-headline

Viral

Cinta Laura dan Gita Savitri Kompak Childfree Meski Alasannya Berbeda

Cinta Laura menambah daftar artis yang tidak mau mempunyai anak. Sebelum Cinta, sudah ada Youtube
berita-headline

Viral

Menag Pastikan Program Vaksinasi untuk Santri Terus Berjalan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan program vaksinasi untuk jutaan santri terus