https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 September 2021 - 17:23 wib

Katak Tak Minum Air? Kawin Saat Bulan Mati

Katak merupakan binatang amfibi pemakan serangga yang hidup di air tawar atau di daratan. Berkulit licin, kaki belakang lebih panjang, pandai melompat juga berenang.

Kehidupan Katak

Kehidupan katak dimulai dari telur di letakan induknya dalam sarang busa di air atau tempat basah lainnya. 

Sekali bertelur katak bisa menghasilkan 5000-20000 telur, tergantung dari kualitas induk dan berlangsung sebanyak tiga kali dalam setahun.

Telur katak menetas menjadi berudu atau kecebong tubuhnya mirip ikan gendut dan bernapas dengan insang. 

Setelah beberapa lama hidup di air perlahan tumbuh kaki belakang dan kaki depan, awalnya insang berganti dengan paru-paru. Setelah masanya, berudu melompat ke darat sebagai katak kecil.

Masa Kawin Katak

Katak kawin pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat bulan mati atau ketika menjelang hujan. 

Katak jantan akan mengeluarkan bunyi bertanda memanggil betinanya dari tepian atau tengah perairan. 

Suara keras katak dihasilkan oleh kantung suara yang terletak di sekitar leher dan menggembung besar manakala digunakan.

Pembuahan pada kodok dilakukan di luar tubuh. Kodok jantan akan melekat di punggung betinanya dan memeluk erat ketiak si betina dari belakang. 

Sambil berenang di air, kaki belakang kodok jantan akan memijat perut kodok betina dan merangsang pengeluaran telur. Pada saat yang bersamaan kodok jantan akan melepaskan spermanya ke air, sehingga bisa membuahi telur-telur yang dikeluarkan si betina.

Katak Tak Minum Air?

Katak umumnya dikenal menyerap air melalui kulit mereka daripada meminumnya. Diserap dengan jumlah besar kemudian disimpan di kandung kemih dan jaringan tubuhnya. 

Kulit katak bersifat permeabel, terutama di dekat perut dan pahanya, memungkinkannya menyerap air dari lingkungannya ke dalam tubuhnya.

Kelenjar terletak di seluruh katak mengeluarkan lendir guna menjaga kulitnya tetap lembab dan licin sembari membiarkan mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan