https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   30 September 2021 - 14:32 wib

Curhat di Media Sosial, Masalah (tak) Selesai

Inersia
berita-headline

Media Sosial Kerap Dijadikan Jalan Keluar Menghadapi Sebuah Persoalan

Media sosial belakangan seperti sebuah jalan keluar bagi orang yang ingin menyelesaikan masalah.'Kalau ada masalah, lapor ke medsos' begitu kira-kira anggapannya. Mau bukti?

Kekuatan media sosial berhasil 'membendung' pedangdut Saiful Jamil eksis lagi di layar kaca. Pelaku pedofil yang baru saja bebas, disambut bak pahlawan, stasiun TV antre mengajak Bang Ipul tampil. Tetapi netizen menolak, ramai-ramai menyatukan suara di media sosial, merangkai dukungan untuk memboikot Bang Ipul tampil lagi di TV. Hasilnya, stasiun TV menurunkan tayangan yang sudah terlanjur mengundang Bang Ipul. Wajah Bang Ipul tak lagi muncul, masalah selesai, berkat kekuatan media sosial.

Namun media sosial tak melulu menyelesaikan masalah. Entah apa yang dirasakan Lisa Amelia (karyawan swalayan) saat ini, setelah curhatannya soal gaji minim yang dipotong perusahaan viral, Lisa malah dipecat, didenda, dan dilaporkan ke polisi. Kacau!!.

Cerita berawal saat Lisa memposting slip gajinya hasil bekerja di salah satu swalayan. Unggahan itu viral usai diketahui gaji Lisa sebulan hanya Rp368 ribu setelah dipotong sana-sini. Gaji awalnya Rp1 juta, menyusut setelah dikenakan potongan cuti sakit, keterlambatan, dan barang hilang.


Bukan kenaikan gaji yang didapat, Lisa justru dipecat setelah unggahannya viral. Tak cukup, Lisa kini harus berhadapan dengan hukum setelah dilaporkan ke polisi dengan UU ITE.

Belum selesai, dalam unggahan terbaru Lisa, dia juga mengaku harus membayar sejumlah denda yang diminta perusahaan. Sampai-sampai Lisa memimjam uang untuk membayar denda perusahaan yang merasa dicemarkan nama baiknya oleh unggahan Lisa.

"Atas viralnya postingan saya tersebut, saya mengalami trauma dan mendapati masalah finansial yang jauh lebih buruk lantaran harus mengajukan hutang yang cukup besar untuk menutupi denda yang dilayangkan kepada saya," tulis Lisa di media sosial.

Lisa mengakuĀ  bersalah dan meminta maaf kepada JS Swalayan, tempat ia bekerja, serta toko-toko di sana yang terkena getah viralnya postingan slip gaji tesebut."Saya, Lisa Amelia, mantan pegawai JS Swalayan, adalah pihak yang bersalah dan dengan ini meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak," ungkap Lisa.

Lisa tak hanya kehilangan pekerjaan, dia harus membayar denda dan juga terancam pidana dengan sangkaan UU ITE. Postingan Lisa tersebut berujung viral lagi usai beredar di media sosial Twitter. Bahkan, kata kunci 'UU ITE' terpantau memuncaki trending topik pada Selasa siang, 28 September 2021.

Akankah Media Sosial menunjukkan 'Magic-nya' untuk Lisa dan masalahnya. Di Twitland (istilah dunia Twitter), biasanya curhatan yang viral dan butuh bantuan punya kalimat sakti, 'Twitter Please Do Your Magic'. Do Your Magic untuk Lisa Twitter.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Perubahan Konfigurasi Router Jadi Penyebab Layanan WhatsApp Tumbang

Facebook memaparkan penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram, yang berdampak ke
berita-headline

Inersia

Emak-Emak Lagi Dagang Dipukul Preman, Lapor Polisi Malah Jadi Tersangka

Apes betul nasib emak-emak di Deli Serdang, Sumatera Utara ini. LG inisialnya, pedagang di Pasar
berita-headline

Hangout

Lewat Konten Media Sosial, Daihatsu Ajak Masyarakat Lestarikan Penyu

Astra Daihatsu Motor (ADM) terus membuktikan komitmennya dalam melestarikan lingkungan di bidang
berita-headline

Inersia

Pidato Dihadapan Menteri, Cinta Laura Beri Pesan Mendalam: Our Culture is Cool, Not Old School

Aktris sekaligus penyanyi cantik Cinta Laura menjadi perbincangan warganet beberapa hari terakhir
berita-headline

Viral

Sering Dijadikan Penipuan Online, Oxone Lapor Polisi, Kasusnya Ditangani Polres Jakarta Utara

Kesal produknya dijadikan ajang penipuan online (cyber crime), Oxoneonline melaporkan akun-akun b