https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   05 October 2021 - 10:36 wib

Manny Pacman Pacquiao Siap 'Pukul KO' Dinasti Duterte

Inersia
berita-headline

Mantan juara tinju dunia Manny Pacquiao mendaftarkan dirinya secara resmi ke komisi pemilihan umum

Mantan juara tinju dunia, Emmanuel "Manny" Pacquiao mantap meninggalkan ring tinju menuju arena politik. Setelah menjadi senator, Pacman, sebutannya di ring tinju, menatap kursi presiden Filipina.

"Saya baru saja mendengar bel terakhir. Tinju sudah berakhir. Saya tidak pernah berpikir hari ini akan datang ketika saya gantung sarung tinju," ungkap Pacquiao, seperti dikutip Reuters.

Manny kini beranjak pada target politik, menjadi Presiden Filipina 2022 mendatang. Manny Pacquiao sudah mendaftarkan dirinya secara resmi ke komisi pemilihan umum setempat untuk menjadi kandidat presiden Filipina. "Keputusan saya menjadi presiden bukan semata untuk keluarga tapi juga untuk seluruh rakyat Filipina," ucap pria kelahiran 17 Desember 1978 ini pada Jumat (1/10/2021).

Pada pendaftaran itu, Pacquiao menyerahkan surat pencalonan diri. Pacquiao akan bersanding bersama calon wakilnya, Lito Atienza. Lito adalah mantan mantan juru bicara dewan perwaklian rakyat Filipina. Atienza adalah mantan wali kota Manila pada akhir 1990-an. Kala itu, Presiden Filipina adalah Gloria Macapagal Arroyo.


Emmanuel Dapidran Pacquiao alias Manny Pacquiao (lahir 17 Desember 1978) adalah juara dunia tinju profesional asal Filipina. Ia adalah satu dari sedikit petinju yang mampu bertahan di peringkat elit dunia dalam usia yang relatif senior.

Pacquiao adalah petinju dari benua Asia pertama yang berhasil meraih gelar juara tinju profesional di delapan kelas berbeda, atau petinju kedua di dunia setelah Oscar de la Hoya.

Petinju Filipina ini adalah petinju pertama yang berhasil merebut tujuh gelar di tujuh kelas yang berbeda (lima gelar juara dunia dari lima kelas berbeda dan dua gelar dari Ring Magazine untuk kelas bulu dan welter junior).

Hal yang menarik adalah walaupun dia ini bertinju dengan gaya kidal serta memiliki pukulan kiri mematikan tetapi dalam kesehariannya dia sebenarnya bukan orang kidal. Manny Pacquiao adalah seorang right-handed dalam kesehariannya.

Manny Maju Duterte Mundur
Sehari setelah Manny Pacquiao mendaftarkan diri ke komisi pemilihan umum, Presiden Filipina Rodrigo Duterte memutuskan pensiun dari politik.

"Hari ini, saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik," kata Duterte seperti dikutip Reuters.

Pernyataannya ini sangat mengejutkan dan memicu spekulasi bahwa dia sedang membuka jalan bagi putrinya untuk mencalonkan diri menjadi calon Presiden Filipina untuk menggantikannya.

Sebelumnya, Duterte akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Dia tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden karena konstitusi menetapkan batas masa jabatan enam tahun untuk presiden.

Duterte mengatakan banyak warga Filipina menolak rencananya mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Hal itu ia ketahui lewat sejumlah survei dan forum publik dalam beberapa waktu terakhir.

"Sentimen luar biasa dari orang Filipina membuat saya tidak memenuhi syarat. Itu akan menjadi pelanggaran konstitusi," kata Duterte seperti dilansir AP, Sabtu (2/10/2021).

"Saya akan mengikuti keinginan masyarakat dan hari ini saya mengumumkan pensiun dari politik," Duterte menegaskan.

Presiden berusia 76 tahun tersebut sejak menjabat pada 2016 dikenal dengan kebijakan dan karakter yang keras, seperti membunuh semua pengedar dalam memberantas narkoba, hingga memberlakukan lagi hukuman mati.


Presiden Filipina dibatasi konstitusi untuk menjabat satu periode, dengan masa jabatan enam tahun. Hal itu membuat Duterte tak bisa lagi mencalonkan diri di periode kedua karena bertentangan dengan konstitusi negara.

Sehingga, ia sempat mendeklarasikan akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Trah Duterte
Hanya beberapa jam setelah memutuskan mundur, spekulasi politik Duterte terbukti. Dia menyodorkan anaknya maju menggantikannya menjadi calon presiden Filipina selanjutnya.

"Itu pasangan Sara-Go," sambut Duterte. Dia mengonfirmasi bahwa putrinya, Sara Duterte-Carpio, akan maju sebagai kandidat presiden dan Senator Christopher Lawrence 'Bong' Go sebagai wakilnya. Mereka bakal maju dalam pemilu nasional tahun depan.

Duterte yang akrab disapa Digong itu merasa harus tetap menjabat agar bisa berkelit dari penyelidikan pembunuhan oleh Mahkamah Kriminal Internasional (ICC). Hal itu terkait sejarah pemberantasan antinarkoba yang digulirkannya.

Namun, Go menolak menjadi orang nomor satu di Filipina. Begitu Duterte menyatakan mundur dari dunia politik, Go mau maju, tapi hanya sebagai wakil. Dia sudah menyerahkan surat pendaftaran dirinya yang diusung Partai PDP-Laban. Namun, meski Duterte menyatakan Sara akan maju bersama Go, hingga kemarin belum ada kepastian.

Sara justru mengisi formulir untuk maju lagi sebagai wali kota Davao. Duterte mau tak mau harus membujuk putrinya. Di Filipina, politik dinasti adalah hal yang biasa. Duterte menjabat wali kota Davao selama 22 tahun sebelum posisi itu jatuh ke tangan Sara, saat dia menjadi orang nomor satu di Filipina. Putranya, Sebastian ’’Baste’’ Duterte, adalah wakil wali kota Davao.

Di Facebook-nya, Sara justru mengunggah foto dirinya yang mengisi formulir pendaftaran pencalonan sebagai wali kota Davao untuk periode ketiga. Dia berterima kasih atas dukungan penduduk. Sara menegaskan, dirinya punya tujuan yang sama dengan jutaan warga Filipina lainnya. Yakni, hidup damai dan makmur.

Diketahui kandidat memiliki waktu hingga Jumat untuk mendaftar, tetapi penarikan dan penggantian diperbolehkan hingga 15 November.

Dalam survei Pulse Asia terhadap 2.400 orang, yang diadakan awal bulan ini, kandidat presiden paling populer adalah putri Duterte, Sara Duterte-Carpio. Jumlah pemilihnya mencapai 20% dari total responden. Sementara Pacquiao saat ini hanya mendapat dukungan dari sekitar 12% responden. Di atasnya ada putra mendiang diktator Ferdinand Marcos, Bongbong Marcos, dengan 15%. Nama lain yang juga difavoritkan adalah Wali Kota Manila Francisco Domagoso, yang mendapat dukungan dari 13% responden.

Pemilihan Presiden Filipina dijadwalkan digelar pada Mei 2022. Comelec (KPU Filipina) diperkirakan mengumumkan daftar kandidat presiden pada pertengahan November. Sampai saat ini, Pacquiao satu-satunya tokoh kuat yang telah mendaftarkan diri untuk maju dalam pemilihan presiden.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Pacquiao Dikhawatirkan Bangkrut Menjelang Adu Jotos

Manny Pacquiao bakal bertarungan melawan Yordenis Ugas di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada, Amer
berita-headline

Viral

Duterte Pensiun dari Politik, Sang Putri Maju Pilpres Filipina Tahun Depan?

Presiden Filipina Rodrigo Duterte, pada Sabtu (2/10/2021), mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari