https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   06 October 2021 - 06:46 wib

Tiga Tips Belanja Sebagai Bentuk Jaga Kesehatan Mental

Inersia
berita-headline

istimewa

Kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian membawa tantangan bagi banyak individu di seluruh dunia, dan tidak jarang menyebabkan kecemasan, stres, hingga depresi. 

Menjelang Hari Kesehatan Mental Dunia pada 10 Oktober, masyarakat Indonesia diharapkan untuk lebih peduli terhadap kesehatan jiwa dan raga. 

Hal ini lebih dikenal dengan self-care, istilah ini merujuk kepada cara seseorang untuk menyediakan waktu untuk fokus dan merawat dirinya demi menjaga kesehatan fisik dan mental. 

Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, yang akrab disapa Wita, Psikolog Klinis di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia dan Klinik Tiga Generasi seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (06/10/2021), mengatakan, Self-care penting untuk dilakukan secara rutin dan teratur, bukan hanya ketika memiliki waktu luang saja. 

Hal ini dapat mengurangi rasa stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari. Salah satu cara self-care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja. 

“Namun, tentunya perlu diingat untuk berbelanja sesuai budget agar tidak semakin menambahkan beban pikiran,” kata Sri Juwita Kusumawardhani.

Menurut Wita, berikut adalah tiga cara berbelanja secara berbeda yang dapat dilakukan sebagai bentuk self-care yang baik untuk kesehatan mental:

1. Membeli momen berharga

Membeli suatu pengalaman dapat memberikan perasaan bahagia yang berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena dapat diingat-ingat kembali di kemudian hari. 

Terlebih jika momen berharga itu dinikmati dengan orang-orang terkasih, seperti melakukan staycation dengan keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba. Momen-momen tersebut akan memberikan kebahagiaan dan dampak positif terhadap kesehatan mental.

2. Belanja untuk orang lain

Berbagi dengan orang lain terbukti dapat mengaktivasi area otak yang mengatur sistem reward dan menghasilkan rasa tenang dan senang yang baik untuk kesehatan mental. 

“Terdapat tiga hal yang perlu dipenuhi agar berbelanja untuk orang lain dapat berdampak positif kepada diri sendiri, yaitu berbelanja untuk orang yang dianggap dekat, memberikan dampak yang berarti, dan merasa bebas untuk menentukan barang yang ingin diberikan,” jelas Wita. 

3. Belanja barang di wishlist menggunakan promo

Self-care juga erat kaitannya dengan memberikan penghargaan kepada diri sendiri, atau sering disebut dengan self-reward, agar lebih termotivasi dan tetap bersemangat.

“Salah satu cara self-reward adalah belanja barang-barang yang sudah ada di wishlist, terlebih jika berhasil membeli barang incaran dengan promo yang bisa menambah tingkat kepuasaan,” lanjutnya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Kata Pakar Kesehatan Soal Tren Kasus Menurun, Maksimalkan Vaksinasi

Tren kasus terkonfirmasi positif covid-19 belakangan menurun. Menurut Ketua Bidang Data dan Tekno
berita-headline

IXU

Pandemi, Ini Cara Ibu Ubah Stres jadi Emosi Positif

Pertanyaan: Pandemi menjadikan orang banyak di rumah saja. Lantas timbul rasa stres yang berda
berita-headline

Rileks

Anak Paling Rentan dengan Penyakit Pasca Banjir

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit pasca banjir adalah berbagai penyakit yang jumlah kasusnya ak
berita-headline

IXU

Kenali Perbedaan Penyakit Maag dan GERD

Suka bingung sakit maag atau gerd. Apa sih bedanya maag dengan Gerd?Jawaban:
berita-headline

Kanal

Asuransi Astra Luncurkan Produk Asuransi Berbasis Digital

Peningkatan digital behavior di tengah masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhan diperkiraka