https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   06 October 2021 - 13:26 wib

Jurus Pemprov 'Selamatkan' Jakarta dari Ancaman Tenggelam

Inersia
berita-headline

Jakarta Terancam Tenggelam, Pemprov Siapkan cara kendalikan Air tanah (Instagram/@msholeholee)

Pemprov DKI Jakarta melakukan segala cara untuk mengurangi penggunaan air tanah oleh warga. Hal itu dilakukan demi mencegah penurunan muka tanah akibat penggunaan air tanah yang berlebihan.

Ancaman tenggelamnya Ibu Kota Jakarta karena penurunan muka tanah yang terus berlanjut menuntut perhatian lebih dari pemerintah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan penggunaan air tanah di Jakarta perlu dikendalikan."Perlu ada pengendalian. Tidak ada larangan. Semuanya diatur kebutuhan air tanah, agar semuanya bisa memenuhi, juga hotel, apartemen, perkantoran diatur kebutuhan air tanahnya," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (5/10/2021) malam.

Untuk memenuhi kebutuhan air warga Jakarta, Riza mengatakan pihaknya akan menggandeng Kementerian PUPR. Jika kebutuhan air warga terpenuhi dengan sistem pipa, maka penggunaan air tanah pasti berkurang.

Bagaimana cara Mengendalikan Penggunaan Air Tanah?
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Yusmada Faizal mengatakan Pemprov DKI mengendalikan penggunaan air lewat mekanisme pajak.

"Poinnya itu belum kita istilahnya melarang pemakaian air tanah, hanya mengendalikan lewat mekanisme pajak air tanah," kata Yusmada dalam rapat bersama Komisi D DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/10/2021).

"Coverage pengadaan air pipa kita baru 64 persen, kan tidak pantaslah kalau kita melarang air tanah itu, tapi air pipanya belum ada kan," katanya.

Pemprov DKI telah menerapkan mekanisme pajak tanah untuk membatasi penyedotan air tanah. "Sudah diatur di Perda Nomor 10 Tahun 1998, melakukan pengendalian air tanah dengan mekanisme pajak air tanah," ujar Yusmada.

Selain itu, Pemprov DKI juga tengah menggodok regulasi untuk mengatur zona bebas air tanah. Zona tersebut akan ditetapkan pada lokasi-lokasi yang sudah terjangkau jaringan air perpipaan."Area-area yang sudah dilayani perpipaan sudah cukup wajib kita melakukan pelarangan air tanah. Zona bebas air tanah sedang disiapkan peraturan gubernurnya," kata Yusmada.

Ancaman Tenggelam
Beberapa kajian menunjukkan bahwa penurunan muka tanah di Jakarta salah satunya terjadi karena eksploitasi air tanah yang berlebihan.

Sejumlah kajian menyebutkan bahwa penurunan muka tanah di Jakarta mencapai 10 hingga 12 sentimeter per tahun. Penurunan muka tanah terparah terjadi di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

"(Ini terjadi karena) Pluit dekat dengan pesisir laut, juga banyak air tanah yang diambil di sana," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kementerian PUPR menargetkan merampungkan dua proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) di 2024. SPAM yang dibangun ialah Jatiluhur 1 dan Karian-Serpong, yang bertujuan menghentikan penggunaan air tanah oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

"Ini tentunya juga untuk menjaga agar penurunan tanah di Jakarta tidak terjadi kembali. Kita harapkan dua SPAM bakal COD (commercial operation date) pada 2024," ujar Dirjen Cipta Karya PUPR Diana Kusumastuti di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin, (4/10/2021).

SPAM regional tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bagi DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya, yakni Bekasi dan Karawang. Untuk sumber air bagi SPAM tersebut akan diambil dari Bendungan Jatiluhur bagi SPAM Regional Jatiluhur 1 dan Bendungan Karian untuk SPAM Karian Serpong."Ini dikarenakan wilayah DKI Jakarta tidak memiliki sumber air baku," ucapnya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Besok, Taman Impian Jaya Ancol Dibuka Untuk Umum, Simak Peraturannya

Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka untuk umum mulai Selasa (14/9/2021) besok d
berita-headline

Kanal

Kementerian PUPR Gelar Bimtek Skema Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang Bangun

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berinovasi dalam mempercepat pembang
berita-headline

Kanal

Kementerian PUPR Sediakan Hunian Layak Sekaligus Tingkatkan Kualitas Lingkungan di Gorontalo

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan terus berup
berita-headline

Viral

Berburu Seragam Sekolah Jelang Penerapan PTM

Kondisi tidak biasa terlihat di toko penjualan seragam dan perlengkapan sekolah Pasar Jatinegara,
berita-headline

Viral

Masih Menteri Jokowi, Gerindra Terbuka Prabowo Capres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, masih fokus pada tuga