https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   08 October 2021 - 13:00 wib

Musisi Beken dalam Pusaran Pandora Papers

Inersia
berita-headline

Sejumlah Musisi Kondang Masuk dalam Laporan Pandora Papers

Selain sejumlah tokoh politik dan pemerintahan dunia, Pandora Papers juga merilis nama-nama pesohor sejumlah musisi dan industri hiburan dalam laporannya.

Nama-nama tersebut diduga 'menyembunyikan' aset di luar negeri agar terbebas dari pajak. Penyanyi senior dan ternama Elton John, Ringo Starr dan Shakira, masuk dalam laporan Pandora Papers.

Shakira dituding memiliki sebuah perusahaan cangkang offshore di British Virgin Island. Meski begitu, dilansir dari Rolling Stone, pengacara Shakira menegaskan perusahaan yang terhubung dengan Shakira dalam skandal Pandora Papers dikelola secara terbuka dan transparan.

Termasuk juga dalam hal informasi soal kepemilikan Shakira. Pengacara juga mengatakan perusahaan itu tidak didirikan untuk tujuan-tujuan tertentu yang menguntungkan Shakira.

"Hari ini mereka tidak memiliki pendapatan atau aktivitas apa pun dan, pada kenyataannya, mereka sedang dalam proses likuidasi," kata pengacara Shakira.

Sebelum dicatut dalam Pandora Papers, Shakira pernah didakwa dugaan penggelapan pajak oleh Pemerintah Spanyol pada 2018.

Penyanyi serta penulis kawakan asal Inggris, Elton John juga ikut-ikutan terseret namanya dalam Pandora Papers. Dalam hasil investigasi ICIJ, Elton disebut memiliki hubungan dengan kantor firma hukum Tulloch and Co, dia merupakan klien bagi kantor hukum tersebut.

Yang jadi masalah, firma hukum yang berbasis di London itu diduga membantu dan mengamankan aset orang super kaya Rusia. Pangeran Harry dan Meghan Markle juga disebut sebagai klien kantor hukum tersebut.

Namun, laporan The Hollywood Reporter yang dilansir Rolling Stone menyebut Elton John disebut ikut mendirikan perusahaan cangkang offshore di negara-negara surga pajak macam British Virgin Island, Panama, ataupun Bahama.

Hingga saat ini Elton John belum memberikan respons. Elton John dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu yang telah lama malang-melintang di industri musik dunia.

Drummer andalan grup musik legendaris Inggris The Beatles, Ringo Starr juga tak luput masuk dalam skandal Pandora Papers.

Berdasarkan laporan The Hollywood Reporter yang dikutip Rolling Stone, Ringo masuk ke dalam daftar musisi-musisi yang memiliki aset tersembunyi di kawasan surga pajak.

Pihak Ringo Starr belum melontarkan pernyataan terkait keberadaan namanya di daftar Pandora Papers.

Ringo Starr sendiri merupakan pemain drum dan penulis lagu yang telah lama eksis di industri musik, terutama di masa-masa jayanya bersama The Beatles.

Nama penyanyi asal Spanyol, Julio Iglesias juga tercatat dalam laporan Pandora Papers. Nama Julio tak asing dalam laporan penyimpanan aset di wilayah surga pajak.

Laporan El Pais yang dilansir oleh The Independent, menyebut bahwa Julio Iglesias memiliki 20 perusahaan di British Virgin Islands, yang digunakan untuk membeli pesawat pribadi dan rumah mewah di Miami.

Pihak Julio Iglesias pun belum merespons keterkaitannya dengan Pandora Papers.

Konsorsium jurnalis investigasi International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) merilis Pandora Papers yang mengungkap ribuan dokumen terkait skandal pajak terbesar dunia.

Seleb lainnya seperti supermodel Claudia Schiffer juga masuk dalam daftar Pandora Papers. Setidaknya 35 pemimpin dan mantan pemimpin dunia ditampilkan dalam 11,9 juta dokumen yang bocor dari perusahaan jasa keuangan di seluruh dunia.

Investigasi yang melibatkan 600 jurnalis dari berbagai media itu dilakukan berdasarkan bocoran 11,9 juta dokumen dari 14 perusahaan jasa keuangan di seluruh dunia.

Pandora Papers ini sendiri merupakan rangkaian bocoran dokumen rahasia terbaru dari ICIJ. Sebelumnya, mereka sudah mengungkap sejumlah kumpulan bocoran dokumen rahasia lainnya, termasuk Panama Papers pada 2016.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Anwar Ibrahim Usul Pandora Papers Dibahas di Parlemen Malaysia

Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim mengajukan surat usulan kepada pimpinan parlemen agar pub
berita-headline

Viral

Ironis Rakyat Dikejar Pajak Lewat KTP Difungsikan Sebagai NPWP, Dua Menko Diduga Hindari Pajak

Nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koo
berita-headline

Viral

Jejak Usaha Anak Mantan Menteri Perindustrian Terlama di Zaman Orba, Airlangga

Tidak mudah menelusuri perusahaan-perusahaan milik Ketua Umum Golk
berita-headline

Viral

DPR Akan Tanyakan ke Luhut dan Airlangga Soal Pandora Papers

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akan menanyakan ke Menteri Koordinator Kemari
berita-headline

Viral

Pajak Rakyat Jelata Dikejar, Pajak Dua Menko Tersangkut Pandora Papers Apa Kabar?

Negeri ini dibuat gaduh sebuah dokumen bernama Pandora Papers. Isinya menyebut dua menko Presiden