https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   25 August 2021 - 11:43 wib

Ubah Sampah Plastik jadi Aspal

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2019 menyebutkan timbunan sampah di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun.

Sebagai 15 persen dari sampah tersebut merupakan limbah plastik.

Salah satu penyelesaian masalah persampahan adalah model ekonomi sirkular yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bisnis, dan lingkungan.

Chandra Asri sejak 2018 telah mengimplementasikan aspal dengan campuran sampah plastik melalui program Aspal Plastik untuk Indonesia Asri bersama dengan pemangku kepentingan lainnya. Program ini merupakan bagian dari upaya Chandra Asri mengimplementasikan model ekonomi sirkular.

"Ini upaya kami untuk terus mencari solusi berkelanjutan atas permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, di Indonesia. Kami percaya permasalahan sampah plastik dapat ditangani dengan partisipasi berbagai pemangku kepentingan. Semoga ke depan semakin banyak pihak yang turut berpartisipasi dalam inisiatif ini untuk bersama-sama mendukung pemerintah mencapai tujuan pengelolaan sampah," kata Edi Rivai, Vice President of Corporate Relations & Sustainability Chandra Asri, Jakarta, Rabu, (25/08/2021).

Chandra Asri sudah mengadakan gelaran aspal dengan campuran sampah plastik di berbagai kota di Indonesia seperti Cilegon, Tegal, dan Semarang, bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Selain itu, Chandra Asri juga bekerja sama dengan institusi pendidikan yaitu Universitas Indonesia di Depok dan Universitas Dian Nuswantoro di Semarang.

Hingga kini, total gelaran jalan dengan aspal sampah plastik oleh Chandra Asri bersama para mitra adalah sepanjang 42,74 km dan 234,1 ton sampah plastik telah berhasil terkelola melalui kegiatan ini.

Model aspal dengan campuran sampah plastik merupakan program pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera).

Jenis sampah plastik yang digunakan adalah sampah plastik kresek yang umum dipakai sebagai kantong belanja sehari-hari yakni jenis HDPE (High Density Polyethylene).

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Gunungan Sampah di Bantargebang Terancam Longsor

Sejumlah warga yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Beka
berita-headline

Kanal

Banyak Sampah Berserakan di Pinggir Jalan di Bekasi

Sampah berserakan di pinggir jl Pisangan, Satria Mekar, Tambun Utara membuat wilayah Bekasi tampa
berita-headline

Viral

Mencari Solusi Sampah Plastik untuk Nelayan Pangandaran

Pemandangan sampah plastik akibat arus yang terbawa di kawasan pantai Pangandaran, Jawa Barat, me
berita-headline

Inersia

Kemasan Isi Ulang Jadi Solusi Pengurangan Sampah Plastik

Masalah sampah plastik merupakan persoalan terkini dari perkotaan bahkan masalah global. Pengguna
berita-headline

Viral

Lagi, Bogor Sulap TPS Jadi Hutan Kota

Sebuah lokasi bekas tempat pembuangan sampah (TPS) di kawasan Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor akan