Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Ini 10 Daerah di Indonesia Dengan Kasus Covid-19 Anak Terbanyak

Senin, 27 Sep 2021 - 13:18 WIB
Ini 10 Daerah di Indonesia Dengan Kasus Covid-19 Anak Terbanyak  - inilah.com
istimewa

Laporan riset IDAI menjabarkan distribusi regional kasus covid-19 pada anak, terlihat di 10 (sepuluh) daerah di Indonesia dengan kasus anak terkonfirmasi covid-19. Ada pun 10 daerah tersebut antara lain terbanyak di Jawa Barat, Riau, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, DIY, dan Papua.

Kemudian terdapat juga tujuh daerah dengan kasus kematian anak terkonfirmasi covid-19 terbanyak, yaitu, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

“Tidak meratanya deteksi kasus ini terjadi karena, fasilitas tes PCR dan fasilitas kesehatan yang berbeda, kapasitas testing PCR saat itu di Indonesia masih rendah dan anak bukan populasi prioritas untuk tes,” kata DR. Dr. Antonius H. Pudjiadi, Sp.A(K) – Ketua Bidang Ilmiah Pengurus Pusat IDAI, Jakarta, Senin, (27/09/2021).
 
Laporan hasil riset IDAI tersebut juga menyebutkan bahwa CFR covid-19 anak di Indonesia ini jauh lebih tinggi dibanding di negara lain seperti Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa, kemungkinan karena kapasitas pemeriksaan (testing) yang rendah sehingga banyak kasus yang tidak terdeteksi.

Baca juga
COVID-19 di Indonesia Tambah 434 Kasus

Berdasarkan studi retrospektif dari data berdasarkan laporan kasus covid-19 pada anak yang dirawat oleh dokter anak yang tergabung dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) selama Maret-Desember 2020 (gelombang pertama covid di Indonesia), didapatkan 37.706 kasus anak terkonfirmasi covid-19.

Menurut data Kemenkes pada waktu yang sama mendapatkan 77.254 kasus anak terkonfirmasi covid-19 dari total kasus 671.778, yaitu sekitar 11.5 persen.

Perbedaan jumlah ini terjadi karena di penelitian ini yang terdata hanyalah kasus yang ditangani oleh dokter anak, sedangkan Kemenkes juga masukkan data dari anak yang tidak bergejala dan  hasil telusur kontak.

Tinggalkan Komentar

×