Ini Alasan Chelsea Mengganti Kiper Jelang Penalti

Ini Alasan Chelsea Mengganti Kiper Jelang Penalti - inilah.com

Chelsea sukses merebut gelar juara super eropa usai menundukkan Villareal lewat drama adu penalti. Namun ada satu pertanyaan dibalik kesuksesan Chelsea tersebut.

Saat skor imbang 1-1 dan babak perpanjangan waktu hampir habis, Chelsea melakukan pergantian pemain vital. Eduardo Mendy ditarik keluar diganti Kepa Arrizabalaga. Chelsea mengganti kipernya saat yakin hasil akhir akan ditentukan lewat drama adu penalti.

Benar saja, Kepa sukses memblok dua tendangan pemain Villareal hingga skor berkesudahan 6-5 untuk kemenangan The Blues.

Keputusan ini memancing tanya belakangan, apa alasan pergantian kiper tersebut?

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel akhirnya buka suara.

Baca juga  Taiyo Furusato Kunci Gelar Juara IATC 2021 di Mandalika

Menurutnya, mengganti Mendy tidak terjadi secara spontan, melainkan sudah dipikirkannya secara matang. Tuchel membuat keputusan itu berbasis data. Dia melihat Kepa lebih baik daripada Mendy saat menghadapi adu penalti.

“Kami memiliki beberapa statistik, kami sangat siap, bahwa Kepa adalah yang terbaik dalam persentase dalam menyelamatkan penalti,” ucap Tuchel kepada BT Sport selepas laga, sebagaimana dikutip dari Sky Sport.

“Analisis dan pelatih kiper menunjukkan kepada saya, memperkenalkan saya pada data, kemudian kami berbicara dengan para pemain,” imbuhnya. “Sungguh fantastis bagaimana Eddy menerimanya. Sungguh fantastis bagaimana pembicaraan ini berlangsung sebelum pertandingan Piala FA vs Barnsley (musim lalu),” tutur Tuchel.

Baca juga  Ini Prakiraan Cuaca di Jakarta Sepanjang Jumat

Tinggalkan Komentar