Ini Alasan Tukul Harus Jalani Fisioterapi Tiga Kali Sehari

Ini Alasan Tukul Harus Jalani Fisioterapi Tiga Kali Sehari - inilah.com
istimewa

Setelah menjalani 24 hari perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), Jakarta, akhirnya komedian Tukul Arwana diperbolehkan pulang. Meski begitu, dia harus tetap menjalani fisioterapi sehari tiga kali di rumah.

Manager Tukul Arwana, Ricky Simon menjelaskan, sesuai saran dokter, dia tetap memberikan perawatan intensif kepada Tukul di rumah termasuk fisioterapi agar kondisi kesahatan Tukul cepat pulih.

“Untuk kondisi sekarang sih pastinya membaik terus ya. Kenapa diperbolehkan pulang, karena bisa rawat jalan di rumah. Bisa fisioterapi di rumah. Jadi alhamdulillah, semakin ke sini semakin baik,” papar Ricky seperti yang dikutip di tayangan YouTube, Jakarta, Senin, (18/10/2021).

Baca juga  Tanda Serangan Jantung, Cek 6 Bagian Tubuh Ini

Masih menurutnya, fisioterapi tersebut sangat berguna untuk kesehatan pria yang memiliki nama asli Riyanto itu karena masih sulit berbicara dan tubuhnya kaku.

“Untuk berkomunikasi pasti butuh proses. Untuk komunikasi bicara masih terus kita ajak interaksi. Kita dampingi terus melalui fisioterapi wicara. Terus juga untuk gerakan, satu hari hampir tiga kali fisioterapi,” tambahnya.

Meski begitu, Tukul bisa merespon sedikit demi sedikit ketika diajak berdialog. Respon yang dia berikan adalah dengan bergumam.

“Misalnya ketika ditanya, ini gimana mas, Oke? Komunikasih belum lancar. Masih bergumam. Sudah melakukan insyarat, seperti oke,” ujarnya.

Tukul pun sudah bisa duduk, namun kalau berdiri dia masih butuh bantuan orang lain.  Sehingga fisioterapi menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kesehatannya secara perlahan.

Baca juga  PCB-Persipasi Dilebur, Bekasi Targetkan Tembus Liga Indonesia

Sebelumnya, Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit pada Rabu, 22 September lalu, kemudian menjalani operasi. Tukul mengalami pendarahan otak yang disebabkan oleh penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol, sehingga menyebabkan stroke.

Tinggalkan Komentar