Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Ini Cara Pemkot Kendari Dorong UMKM Bangkit dari Pandemi

Kamis, 09 Des 2021 - 16:13 WIB
Sulkarnain 1 - inilah.com
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir

Pemkot Kendari terus berupaya mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi sektor pertama yang diharapkan dapat bangkit dari pandemi COVID-19.

Hingga saat ini tercatat sekitar 13 ribu UMKM yang melakukan usaha di Kota Kendari. Konsep yang diusung untuk mendorong UMKM yakni mampu bersaing dan memiliki pasaran yang luas.

“Kita dorong ke teman-teman UMKM ini dengan konsep go digital. Termasuk permodalan, kan itu yang sering mengemuka dari problem-problem UMKM kita, setelah kita melakukan screening UMKM kita,” ujar Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari.

Menurutnya masa pandemi menjadikan minat masyarakat untuk berusaha meningkat pada angka 120 persen. Pemkot juga fokus mengawal usaha masyarakat agar bisa tumbuh dan berkembang.

“Pemerintah kota terus mendorong agar usaha masyarakat berskala rumahan, yang hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat meningkatkan menjadi skala industri rumah tangga, sehingga dapat berkembang dan dapat menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitarnya,” harapnya.

Baca juga
Kejar Vaksinasi, Kendari Gelar Sepekan Lansia Serempak

Melalui Kendari Preneur, diharap UMKM bisa go digital, go global sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat. Karena pandemi COVID-19 membuat sebagian besar UMKM mengalami penurunan.

Tinggalkan Komentar