Ini Jabatan ke-6 yang Diberikan Jokowi pada LBP

Ini Jabatan ke-6 yang Diberikan Jokowi pada LBP - inilah.com

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi pemimpin proyek (pimpro). Yakni, Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Keputusan itu  tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 107 Tahun 2015 Tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana Dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta Dan Bandung.  Ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 6 Oktober 2021.

“Dengan Peraturan Presiden ini dibentuk Komite Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan beranggotakan Menteri Keuangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Menteri Perhubungan, yang selanjutnya disebut dengan Komite,” dikutip dari  bunyi Pasal 3A di Perpres Nomor 93 Tahun 2021.

Baca juga  Sakti, Meski Diduga Tersandung Pandora Papers dan Bisnis PCR, LBP Kembali Diberi Kepercayaan Presiden

Komite Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung ini beranggotakan Menteri Keuangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Menteri Perhubungan.
Dalam Pasal 15  disebutkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengoordinasikan percepatan pelaksanaan penyelenggaraan prasarana dan sarana kereta cepat antara Jakarta dan Bandung.

Sementara tugas Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung di antaranya:

Pertama, menyepakati dan/atau menetapkan langkah yang perlu diambil guna mengatasi bagian kewajiban perusahaan patungan dalam hal terjadi masalah kenaikan dan/atau perubahan biaya  proyek kereta cepat antara Jakarta dan Bandung.

Kedua, menetapkan bentuk dukungan pemerintah yang dapat diberikan untuk mengatasi bagian kewajiban perusahaan patungan dalam hal terjadi masalah kenaikan dan/atau perubahan biaya  proyek.

Baca juga  Jokowi Harap Akses untuk Vaksinasi Dipermudah

Ini adalah jabatan yang sedang dan pernah diemban LBP saat periode ke-2 kepemimpinan Presiden Jokowi :

1. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi

2. Wakil Ketua Komite KPC-PEN (Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional)

3. Koordinator PPKM Jawa-Bali

4. Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional (DPTPDPN)

5.Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)

6. Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Tinggalkan Komentar