Ini Manfaat Herbal Alami Indonesia yang Mengandung Imunodulator

Kunyit - inilah.com
istimewa

Indonesia kaya dengan herbal alami yang mengandung imunomodulator seperti meniran, kunyit dan daun kelor. Lantas apa manfaatnya untuk kesehatan?

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal), komponen catechin, quercetin dan phyllantin dalam meniran dapat menghambat proses peradangan yang berlebihan dan berfungsi sebagai imunomodulator pada COVID-19.

“Sehingga meniran efektif membantu memelihara daya tahan tubuh dan meningkatkan sistem imun. Daun kelor kaya akan nutrisi dan memiliki tiga senyawa flavonoid (isorhamnetin, kaempferol, apigenin) yang dapat menghambat protein M-pro virus SARS-CoV-2,” kata Inggrid Tania, Jakarta, Rabu, (01/12/2021).

Baca juga  Mengenal Manfaat IGRS untuk Industri Game yang Lebih Baik

Selain untuk memproteksi diri dari COVID-19, herbal bisa juga dikonsumsi dalam masa penyembuhan.

“Contohnya kunyit yang memiliki senyawa curcumin dapat menghambat badai sitokin yang merupakan komplikasi serius yang biasa diidap pasien COVID-19,” tambahnya.

Meniran memiliki khasiat sebagai minuman obat untuk meningkatkan sistem imun, dengan senyawa quercetin dan quercitrin yang memiliki kemampuan untuk berikatan dengan Mpro dari SARS-CoV-2, sehingga berpotensi dijadikan inhibitor terhadap Mpro dari SARS-CoV-2 dan dapat dikembangkan menjadi obat untuk melawan virus Corona.

Masih menurutnya, sedangkan pada kunyit terdapat senyawa kurkumin yang memiliki aktivitas antivirus sehingga dapat melawan berbagai macam virus.

Baca juga  Aturan Ketika Memberikan Vaksin Influenza pada Anak Usia di Atas 6 Bulan

“Selain itu senyawa kurkumin dapat berikatan langsung dengan S protein dari virus SARS-CoV-2 dan ACE2 reseptor yang akan menghambat pelekatan virus pada sel inang manusia,” katanya.

Tinggalkan Komentar