Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Ini Tips Mudah Jadi Storyteller Andal dari Dee Lestari

storyteller andal
Dee Lestari (ist)

Bakat storyteller atau menjadi penutur cerita yang andal menjadi salah satu faktor yang memengaruhi sebuah kisah yang ditulis oleh seorang penulis buku.

Menariknya, faktor tersebut belum tentu dimiliki semua orang dan ternyata cara mendapatkannya dimulai dari tips kecil yang mudah dan bisa dilakukan setiap hari.

Sebagai penulis buku, Dee Lestari membagikan tips mudahnya untuk para generasi muda yang tertarik menjadi storyteller atau pencerita andal.

“Jangan berpikir hal-hal besar dulu, mulailah dari kebiasaan kecil. Seperti menulis jurnal harian untuk diri sendiri karena dari situ kita bisa belajar bercerita dari hal paling dekat yaitu kehidupan kita sendiri,” kata Dee dalam sebuah acara virtual, Rabu (9/3/2022).

Baca juga
Lima Kiat Rawat Mobil saat PPKM ala Daihatsu

Pada saat mengambil peran sebagai pencerita, menurut Dee, seorang penulis harus bisa menyusun komponen alur cerita dan juga tata bahasa yang menarik.

Jika kebiasaan menyusun alur cerita tidak dilatih, maka tentunya cita-cita ingin menjadi penulis yang andal pun tak mudah untuk diraih.

Penulis buku ‘Supernova’ dan ‘Filosofi Kopi’ ini menyebutkan jika sudah berlatih menulis cerita diri sendiri lewat jurnal, maka lambat laun kebiasaan bercerita dengan baik dan benar bisa terbentuk.

Lewat jurnal harian pun orang bisa terbiasa mengatur dan memetakan alur, sehingga nantinya ketika sudah terbiasa ia dapat membuat cerita yang memikat dan menarik pembaca.

Baca juga
Marak Modus Begal, Berikut Kiat Pasang Dashcam Mobil

“Menjadi pencerita itu ibaratnya melatih otot-otot, semakin dilatih semakin kuat. Latihlah kecil-kecil dari bikin jurnal. Ketika itu sudah jadi kebiasaan dan memahami komposisi, perlahan nantinya akan terbiasa dan beralih ke karya yang lainnya seperti puisi, cerpen, hingga bentuk lainnya,” ujar Dee.

Tinggalkan Komentar