Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444

Inilah 6 Istana Presiden Beserta Keistimewaannya

Sabtu, 12 Nov 2022 - 16:30 WIB
Inilah 6 Istana Presiden Beserta Keistimewaannya
Istana Bogor - ist

Indonesia memiliki enam istana presiden yang mempunyai peran dan fungsi berbeda-beda. Beberapa Istana Kepresidenan biasanya menjadi tempat singgah presiden dan ibu negara saat sedang melakukan kunjungan kerja.

Pendiri bangsa saat itu membangun istana kepresidenan dengan keistimewaannya sendiri. Ada istana yang memang khusus menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan resmi negara.

Namun ada pula yang berfungsi sebagai tempat tinggal presiden atau hanya sekadar tempat peristirahatan. Berikut adalah daftar enam istana negara Indonesia beserta keistimewannya:

1. Istana Merdeka

ist

Istana Merdeka merupakan tempat yang menjadi kediaman dan kantor Presiden Indonesia. Lokasinya tepat menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas). Awalnya istana ini digunakan sebagai tempat tinggal resmi Gubernur Jenderal Hindia Belanda hingga pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Istana Merdeka memiliki luas sekitar 2.400 meter persegi. Tempat ini pada awal masa pemerintahan Republik Indonesia, sempat menjadi saksi sejarah penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) oleh Pemerintah Belanda pada 27 Desember 1949.

2. Istana Negara

ist

Istana Negara merupakan istana kepresidenan yang terletak masih satu komplek dengan Istana Merdeka, dengan total luas mencapai 68.000 meter persegi. Yang menjadi perbedaan antara kedua Istana ini yakni Istana Negara menghadap ke arah Jalan Veteran, sedangkan Istana Merdeka menghadap ke arah Medan Merdeka

Baca juga
Jokowi Didampingi Ma’ruf Amin Lantik Gubernur dan Wagub DIY

Sebagai pusat kegiatan pemerintahan negara, saat ini Istana Negara menjadi tempat penyelenggaraan acara-acara yang bersifat kenegaraan. Acara tersebut seperti pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional, kongres bersifat nasional dan internasional, serta jamuan yang bersifat kenegaraan.

3. Istana Bogor

ist

Istana Bogor salah satu tempat yang mempunyai keunikan tersendiri karena aspek historis, kebudayaan dan faunanya. Salah Satunya adalah keberadaan rusa yang didatangkan langsung dari Nepal. Saat ini sudah ada lebih dari 800 ekor rusa totol yang ada di pekarangan istana.

Istana Bogor saat ini menjadi kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga. Jokowi memutuskan untuk tinggal di Istana Bogor sejak tahun 2015. Lokasi bangunan ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 1, Bogor, Jawa Barat. Berdiri di atas tanah seluas 28,86 hektar, dan dibangun pada 1744.

Baca juga
Berangkat ke Istana, Zulhas 'Dikawal' Dua Putri Serta Menantu

4. Istana Yogyakarta

ist

Istana Yogyakarta ini banyak orang menengalnya dengan nama Gedung Agung. Sama halnya dengan istana kepresidenan yang lain, gedung ini menjadi kantor dan kediaman Presiden Republik Indonesia. Selain itu istana ini juga sebagai tempat menerima atau menginap tamu-tamu negara.

Pada 1946, sewaktu pemerintahan Indonesia pindah ke Yogyakarta, bangunan ini berfungsi sebagai istana presiden. Presiden Soekarno dan keluarga pun sempat tinggal di sini. Bahkan Ibu Fatmawati melahirkan putrinya, Megawati Soekarnoputri di tempat tersebut. Kini Istana Yogyakarta menjadi tempat menginap ketika presiden berkunjung ke Yogyakarta.

5. Istana Cipanas

ist

Istana Kepresidenan Cipanas dibangun hanya untuk menjadi tempat beristirahat dan berkunjung saja. Hal ini lantaran lokasinya yang terletak cukup jauh dari pusat kota. Istana ini terletak di Desa Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bangunan punya luas 7.760 meter persegi ini berdiri di atas tanah seluas 26 hektare.

Di Istana ini terdapat peristiwa penting yang pernah terjadi setelah kemerdekaan. Sebab Presiden Soekarno pernah memimpin sidang kabinet pada 13 Desember 1965 di Cipanas. Saat itu Presiden Soekarno menetapkan perubahan nilai mata uang dari Rp 1.000,- menjadi Rp 1,-.

Baca juga
Komisi III Sebut Pemanggilan Kapolri, Kapolda, dan Kapolres ke Istana untuk Satukan Komando

6. Istana Tampaksiring

ist

Istana Tampaksiring menjadi satu-satunya istana yang terletak di luar pulau jawa tepatnya di Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Bangunan ini berdiri atas prakarsa Presiden Soekarno yang menginginkan adanya tempat peristirahatan dengan nuansa sejuk dan jauh dari keramaian kota.

Karena keindahan alamnya, akhirnya Bali terpilih menjadi tempat pembangunan Istana Tampaksiring. Istana ini punya desain dengan corak bangunan khas Bali. Seperti di Bogor, Tampaksiring juga memiliki koleksi hewan peliharaan rusa.

Tinggalkan Komentar