Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Inilah.com Diretas, Hacker Diduga Berasal dari China

Selasa, 30 Nov 2021 - 17:01 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
- inilah.com

Situs berita Inilah.com terkena serangan siber yang diduga berasal dari peretas China pada Selasa (30/11) pukul 12.30 WIB berupa Distributed Denial of Service (DDoS). Akibat serangan ini, siang ini pengguna tidak bisa mengakses berita yang diunggah di situs web.

Tidak jelas apa yang menjadi penyebab Inilah.com mendapatkan kiriman serangan tersebut. Namun, sebelum serangan itu terjadi, Inilah.com merilis berita tentang ‘Diresmikan Jokowi Pada 2017, Sritex Kini Utangnya Rp20 Tiliun Terancam Bangkrut’ .

Menurut tim IT Inilah.com semula mengira gangguan pada situs webnya karena masalah kapasitas server yang tidak memadai, tapi pada pukul 13.20 setelah dipulihkan kemudian baru terkonfirmasi bahwa itu adalah serangan DDoS.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Senin, 25 April 2022

- inilah.com

“Situs web dibanjiri data hingga 320 ribu traffic yang polanya bukan seperti manusia,”ujar Diki Admin IT Inilah.com.

Serangan DDoS pada dasarnya adalah membanjiri kunjungan palsu ke sebuah situs web. Tujuannya untuk menggangu operasional situs web tersebut, bahkan bisa melumpuhkan server.

Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Dr Pratama Persadha mengatakan kepada Inilah.com, umumnya serangan DDoS ini terjadi karena persaingan bisnis dalam spionase industri atau disebut juga bisnis intelijen. Meskipun terkadang menyasar bisnis kecil, tapi umumnya yang menjadi target serangan ialah perusahaan skala besar.

“DDoS merupakan bentuk salah satu jenis serangan siber yang bertujuan untuk mengganggu layanan, aplikasi dan sebagainya,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar