Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Inilah Lima Cara Paling Mudah Membuat Suara Knalpot RX King Ngebas

Rabu, 22 Des 2021 - 22:48 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Whatsapp Image 2021 12 22 At 22.39.26 - inilah.com
Dok: Istimewa

Mempunyai motor RX King yang kini sudah tidak diproduksi lagi menjadi kebanggan tersendiri bagi para pemiliknya. Berbagai cara membuat suara knalpot RX King ngebas pun dilakukan untuk membuat performa kendaraan semakin mantap.

Namun, masih banyak dari pengguna yang bertanya-tanya bagaimanakah caranya. Simak berikut ulasannya dikutip dari blog.oscas.co.id:

1. Membuka Ulang Knalpot

Hal pertama yang bisa pengguna lakukan sebagai cara membuat suara knalpot RX King ngebas yaitu dengan membuka ulang Knalpot. Pada umumnya sering disebut juga dengan membobok knalpot. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk membuatnya stylish dan mempunyai suara ngebas pastinya, caranya yaitu:

  • Potong bagian ujung knalpot terlebih dahulu dengan gergaji.
  • Berikutnya, mengambil keseluruhan sekat yang terdapat di dalam knalpot. Pengguna bisa memakai las sebagai alternatifnya.
  • Terakhir, melakukan pemasangan kembali knalpot ke bentuk awalnya.

Bagaimana mudah bukan cara membobok knalpot? Namun pengguna juga tetap harus memperhatikan proses dari modifikasi knalpot tersebut secara detail. Hal tersebut dilakukan guna untuk memberikan keselamatan kepada pengguna ketika berkendara. Jadi jangan sampai proses tersebut membuat kualitas kendaraan menjadi menurun.

Baca juga
Kolaborasi Aprilia Racing dan SC-Project Berlanjut hingga Dua Musim ke Depan

2. Menutup Bagian Mulut Knalpot

Cara selanjutnya yang bisa pengguna lakukan untuk menghasilkan suara ngebas pada motor RX King yakni dengan menutup bagian mulut knalpot. Hal yang perlu diperhatikan dari proses penutupan mulut knalpot yaitu untuk menghindari penutupan total.

Jika hal tersebut terjadi, maka bunyi ngebas yang diharapkan tentu mustahil terjadi. Pengguna bisa menyisakan sedikit bagian yang tidak tertutup atau tidak menutupnya secara keseluruhan.

Pastikan untuk memberikan lubang kecil di tengah knalpot, tujuannya yaitu agar bisa mengeluarkan gas sisa pembakaran. Gas sisa pembakaran inilah yang nantinya juga akan memberikan pengaruh atau efek bunyi ngebas pada motor.

3. Menambah Moncong Knalpot

Supaya bunyi yang dihasilkan oleh motor RX King dapat ngebas dan nyaring, pengguna bisa menambahkan corong pada ujung knalpot. Selain bisa menambahkan efek suara yang pengguna inginkan, hal tersebut juga sedang ngetren saat ini.

Baca juga
Kolaborasi Aprilia Racing dan SC-Project Berlanjut hingga Dua Musim ke Depan

Terlebih lagi di kalangan anak muda yang tengah menyukai dunia otomotif. Cara tersebut juga lebih dikenal dengan nama Thailook, hanya dengan menambahkan moncong, maka bunyi ngebas pun akan diperoleh.

Sangat mudah untuk dilakukan bukan? Pemakaian cara ini apabila dilakukan dengan baik dan modifikasi yang benar, maka akan menghasilkan suara bas yang lebih optimal juga.

4. Mengganti Leher Knalpot

Melakukan pergantian pada leher knalpot termasuk cara yang bisa pengguna lakukan untuk memperoleh suara bas. Sebenarnya ini masih termasuk ke dalam rangkaian pembobokan knalpot, sebab diharuskan membongkar ulang.

Setelah proses pembobokan selesai dilakukan, pengguna bisa membuang sekat yang terdapat di dalamnya. Selanjutnya silencer yang ada diganti menggunakan pipa leher yang mempunyai ukuran jauh lebih besar.

Pipa yang digunakan yaitu berjenis pipa satu leher atau pun dua yang sesuai, supaya mudah dipasangkan pada knalpot. Bentuk spesifiknya pipa berjenis leher satu mempunyai ukuran lebih besar dibanding versi originalnya.

Baca juga
Kolaborasi Aprilia Racing dan SC-Project Berlanjut hingga Dua Musim ke Depan

Berbeda dengan jenis pipa leher dua yang ukurannya harus lebih besar dibandingkan pipa leher satu. Cara ini juga bisa dilakukan terhadap jenis motor baik RX King atau yang lainnya, sehingga bisa memperoleh suara nyaring dan bass. Pastikan juga dalam proses pemasangannya dilakukan dengan tepat sehingga optimal bunyi yang dihasilkan.

5. Menipiskan Glasswool

Cara membuat suara knalpot RX King ngebas berikutnya yaitu dengan menipiskan Glasswool yang terdapat pada knalpot kendaraan. Fungsi dari Glasswool yaitu untuk melakukan penyaringan sisa-sisa gas yang telah dihasilkan oleh mesin. Jumlah penggunaan Glasswool sendiri bisa membuat suara yang dikeluarkan oleh knalpot menjadi lebih ngebas dan nyaring pastinya.

Namun perlu diingat, bagi pengguna yang ingin melakukan cara ini harus terlebih dahulu memastikan kondisi Glasswool sebelumnya. Kondisi Glaswool dalam kondisi baiklah yang bisa dimodifikasi. Jika keadaan Glasswool tipis, maka akan membuat suara yang dihasilkan oleh knalpot menjadi pecah dan berujung berisik.

Tinggalkan Komentar