Inilah Lima Tips Hadapi Ujian Penilaian Tengah Semester

Inilah Lima Tips Hadapi Ujian Penilaian Tengah Semester  - inilah.com
istimewa

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) pada anak sekolah sudah dimulai. Sebagai salah satu ujian bagi seorang siswa, PTS memiliki peranan penting yang bisa memengaruhi tingkat diterimanya siswa di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Karena itu, Anda harus melakukan persiapan yang maksimal untuk menghadapi PTS. 

Lantas apa saja langkah-langkah strategis yang perlu disiapkan untuk sukses menghadapi PTS? Simak 5 langkah efektif tempuh PTS berikut ini:

1. Menjaga kesehatan dan kondisi tubuh?

Salah satu kebiasaan peserta ujian, yaitu belajar mati-matian sebelum ujian, bahkan begadang sampai pagi. Alhasil, waktu kalian untuk beristirahat menjadi berkurang. Alhasil, saat hari ujian tiba, kondisi tubuh menjadi kurang fit dan mengurangi kemampuan otak untuk bisa berpikir jernih.

Menjelang pelaksanaan PTS, usahakan makan yang teratur dan minum multivitamin. Anda juga disarankan untuk berolahraga, namun jangan melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan, apalagi yang berpotensi cedera.

2. Pastikan memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan ?

Pelaksanaan PTS tahun ini akan mengikuti kebijakan sekolah masing-masing. Beberapa sekolah sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, namun ada juga beberapa sekolah yang belum. Bagi  kalian yang akan mengikuti ujian PTS secara luring (luar jaringan), pastikan kalian telah memiliki semua alat tulis yang dibutuhkan, kartu peserta ujian, dan papan kertas.

Baca juga  Tottenham Hotspur Resmi Pecat Nuno Espirito Santo

Simpan semua alat tulis tersebut di satu tempat dan siapkan saat malam hari menjelang ujian. Untuk yang mengikuti ujian PTS secara daring, pastikan laptop/gawai yang diperlukan dapat berfungsi dengan baik. Jika pelaksanaan membutuhkan jaringan internet, pastikan kalian memiliki kuota yang cukup dan jaringan yang baik.
 
3. Pastikan hadir tepat waktu?

Kemungkinan besar, Anda akan sulit tidur pada malam hari menjelang ujian. Untuk itu, penting sekali untuk memasang alarm agar Anda tetap bisa bangun tepat waktu. Jika perlu, pasang beberapa alarm atau mintalah bantuan keluarga untuk membangunkanmu di hari ujian.

Bagi Anda yang melaksanakan ujian secara luring, pastikan Anda sudah mengetahui persis dimana lokasi ujian. Pastikan sedetail mungkin, mulai dari gedung, lantai, hingga ruangan dimana lokasi ujian akan dilangsungkan. Perhitungkan juga jarak rumah ke sekolah.
 
4. Siapkan strategi menjawab soal ?

Baca juga  Inilah 4 Tips Biar Bisa Beli Mobil Baru Meski Tertekan Pandemi

Strategi menjawab soal itu bisa berbeda-beda tergantung jenis soal yang dihadapi. Namun, penting untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar bisa mengerjakan ujian sebaik-baiknya. Saat sudah mendapat lembaran soal, mulai analisa komposisi pertanyaan yang ada.

Berapa banyak pertanyaan pilihan ganda, esai, maupun bacaan yang panjang. Dengan menganalisa komposisi soal tersebut, kamu akan memiliki gambaran prioritas soal yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, agar Anda memiliki waktu cukup untuk mengerjakan kembali soal yang sulit.
 
5. Mengusir rasa gugup menjelang ujian?

Masalah non-teknis yang paling sering terjadi adalah perasaan gugup, grogi, atau bahkan panik. Perasaan gugup berlebihan ini hal yang wajar, dan dialami oleh hampir semua orang.

Namun, Anda perlu mencari cara untuk mengatasinya agar tidak mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan PTS nanti. Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi kegugupan adalah mensimulasikan hal yang akan Anda hadapi secara berulang-ulang.

Baca juga  Paradoks Pendidikan dan Pandemi di Perkotaan

Dalam hal ini, Anda bisa berlatih mengerjakan soal-soal PTS  melalui platform edukasi teknologi. Dengan membiasakan diri menghadapi soal-soal ujian, secara psikologis otak dan kondisi hatimu akan cenderung lebih tenang dan terbiasa. Hasilnya, Anda akan mengerjakan soal-soal ujian dengan lebih tenang dan fokus.
 
“Penilaian Tengah Semester adalah salah satu momen penting bagi perjalanan akademis setiap siswa. Tiap siswa perlu menunjukkan kemampuan terbaik mereka atas proses belajar yang telah mereka lakukan selama setengah semester ini untuk menentukan langkah pendidikan mereka ke depannya. Selain persiapan dari segi akademis, persiapan diri secara fisik dan mental juga menjadi penting untuk diperhatikan agar tiap siswa dapat menghadapi PTS dalam kondisi terbaik,” ujar Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS, Jakarta, Senin, (20/09/2021).
 
Sementara itu, dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) kemarin, survei internal Zenius mengungkapkan 7 dari 10 penggunanya menyatakan lolos UTBK tahun ini. Pencapaian ini naik 15 persen dari tahun ajaran sebelumnya.
 

Tinggalkan Komentar