Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Inilah Penampakan Replika Mobil Formula E yang Bakal Dipamerkan

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:26 WIB
mobil formula e

Panitia penyelenggara Formula E akhirnya memamerkan replika mobil balap yang bakal berlaga di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, 4 Juni 2022.

Ketua Pelaksana, Ahmad Sahroni mengatakan replika mobil Formula E dikenalkan ke awak media di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur pada Kamis (26/5/2022).

Dari penuturannya, mobil yang dulunya sempat digunakan oleh pebalap bernama Julius Bar itu juga nantinya akan diperagakan ke publik, khususnya di Jakarta.

“Ini adalah contoh dari pada mobil Formula E yang bakal berlaga di 4 Juni mendatang ini akan kita sajikan juga untuk masyarakat melihat nanti. Semoga perijinannya cepat selesai dan berharap Sabtu atau Minggu bisa dilihat oleh masyarakat khalayak,” kata Sahroni.

Baca juga
Dukung Pengembangan Teknologi EV, Toyota Hadir di IEMS 2021

Senada dengan Sahroni, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo alis Jakpro, Widi Amanasto juga mengisyaratkan mobil Generasi kedua Formula E itu rencananya dipamerkan saat Car Free Day (CFD) Jakarta pada akhir pekan mendatang.

“Masyarakat luas bisa menikmati nanti hari Minggu, CFD mungkin bisa swafoto di tempat yang sudah kita tentukan, nanti lokasinya menyusul yang penting lokasinya tempat yang banyak dikunjungi,” jelas Widi.

Berdasarkan laman resmi FIA saat Formula E sudah memakai jenis mobil generasi kedua dengan teknologi yang lebih mutahir ketimbang generasi pertama.

Dari spesifikasi, mobil Gen 2 ini memiliki panjang lebih kurang 5,16 meter, lebar 1.7 meter, dan tinggi sekitar 1 meter. Mobil ini ditenagai dengan listrik berkisar 250 kilowatt atau setara dengan 335 horse power.

Baca juga
Dituding Pentingkan Formula E Daripada Banjir, Wagub Riza Beri Jawaban Menohok

Belum cukup sampai di situ, mobil Formula E Gen 2 ini juga dilengkapi dengan baterai sebesar 52 kilowatt hour (KWH). Disebut, kekuatan baterai pada mobil generasi terbaru ini meningkat dua kali lipat dibandingkan pada mobil generasi pertama.

Sistem pengereman mobil Formula E ini juga terbilang canggih. Mobil yang didominas pelat karbon itu mampu menggunakan sistem rem yang memanfaatkan sistem energi genetik dari putaran roda untuk diubah menjadi energi listrik hingga memungkinkan penambahan daya baterai.

Sedangkan, untuk ban yang digunakan pada mobil ini adalah ban keluaran Michelin yang memiliki lebar 245 mm dan 305 mm dengan ukuran pelek 18 inci.[yud]

Tinggalkan Komentar