Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

INKA Sedang Garap Pembuatan Gerbong KA Berkonsep Wisata Kuliner

INKA Sedang Garap Pembuatan Gerbong KA Berkonsep Wisata Kuliner
PT. INKA/ Foto: Dok PT INKA

PT Industri Kereta Api atau INKA (Persero) saat ini sedang mengebut pembuatan empat gerbong untuk tempat wisata kuliner berkonsep kereta api (KA) di Jalan Bogowonto, Kota Madiun, Jawa Timur. Konsep wisata kuliner KA ini merupakan gagasan dari pemkot setempat untuk mendukung sektor pariwisatanya.

Senior Manager Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (SM TJSL) dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero), Bambang Ramadhiarto mengatakan progres pembuatan gerbong tersebut masih dalam tahap pembuatan desain.

“Kereta ini beda dengan kereta penumpang biasanya. Jadi kami berusaha agar desain keretanya antik dan artistik,” ujar Bambang Ramadhiarto di Madiun, Rabu (13/4/2022).

Baca juga
Inilah Perkembangan Pasar Keuangan yang Jadi Perhatian Investor

Menurut dia, gerbong tersebut harapannya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan namun tetap nyaman untuk kereta makan dan kereta rapat VIP. Tak heran, pihaknya membutuhkan proses desain yang lebih intensif.

Bambang menyebut tidak hanya menunggu desain selesai. Tetapi juga mulai pengumpulan material dan komponen-komponen yang akan mereka pakai. Harapannya, proses pembuatan bisa langsung jalan setelah desain jadi.

“Jadi sambil proses pembuatan desain, kita kini juga mulai mengumpulkan komponen-komponen. Prinsipnya, semua “on progres”,” kata dia.

Pemkot Madiun Gandeng PT. INKA Buat Gerbong KA untuk Wisata Kuliner

Sebelumnya, Pemkot Madiun berencana membangun kawasan ekonomi baru di Jalan Bogowonto Kota Madiun untuk dijadikan sentra wisata kuliner berkonsep kereta dan edukasi tentang kereta kuno.

Baca juga
Harga Minyak Naik tapi Masih di Zona Merah Mingguan 3 Persen

“Ini realisasi kerja sama antara pemkot, PT KAI (Persero), dan PT INKA (Persero). Kawasan ini dipilih karena Jalan Bogowonto memiliki sejarah besar. Kami ingin mengangkat sejarah tempo dulu tentang perkeretaapian itu agar tidak hilang,” kata Wali Kota Madiun Maidi.

Dalam proyek tersebut, semua memiliki peran masing-masing. INKA berperan membuat gerbong wisatanya, KAI berperan mengangkat jalur rel KA di kawasan Jalan Bogowonto yang telah tidak aktif, sedangkan pemkot berperan sebagai pengelolanya.

Gerbong saja tentu belum cukup. Untuk lokomotif, Pemerintah Kota Madiun mendapat sumbangan dari PG Redjo Agung Baru.

Nantinya, keberadaan wisata kuliner berkonsep kereta di Jalan Bogowonto tersebut diharapkan semakin menguatkan image baru Kota Madiun sebagai kota tujuan wisata belanja dan kuliner, bukan lagi hanya kota transit.

Tinggalkan Komentar