Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Internet Lemot Hambat Pekerjaan? Begini Solusinya

Rabu, 29 Jun 2022 - 16:00 WIB
Internet Lemot
(ilustrasi)

Siapa yang tahan dengan koneksi internet yang lemot? Semua orang jelas menginginkan koneksi internet yang terbaik. Kini, internet merupakan salah satu kebutuhan penting untuk masyarakat di era modern.

Dibarengi juga dengan kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat, kebutuhan akan internet menjadi sangat penting dalam menunjang aktivitas serta pekerjaan banyak orang maka ketika jaringan Internet lemot seakan tak lagi bisa ditolerir karena hal ini akan menghambat semua aktivitas digital.

Banyak orang yang tidak mengetahui penyebab dari kenapa internet menjadi lemot sehingga mereka sering tidak nyaman, sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan internet lemot, mulai dari sinyal WiFi atau selular, jumlah perangkat, dan jangkauan sinyal bisa menjadi penyebabnya.

Mari kita simak beberapa hal yang menyebabkan internet kita menjadi lemot:

– Masalah pada Sistem Operasi

Adanya masalah pada sistem operasi di perangkat kita bisa menjadi penyebab kenapa saat kita berinternet terasa lambat/ lemot yang membuat kurang nyaman. Biasanya kita cukup melakukan restart perangkat dan cara ini memang terbukti cukup efektif untuk masalah Internet lemot yang disebabkan oleh sistem operasi yang bermasalah

– Internet Lemot karena Paket Data Menipis

Kejadian internet lemot juga sering terjadi ketika paket data Anda mulai menipis. Beberapa operator memberlakukan pengurangan kecepatan dengan tujuan agar paket data yang Anda miliki tidak lekas habis. Namun demikian, hal ini memang terkadang cukup mengganggu.

Baca juga
APJII: Pengguna Internet di Indonesia Kini Berjumlah 210 Juta

– Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa menutup aplikasi yang digunakan bisa menjadi salah satu penyebab internet lemot yang selanjutnya. Aplikasi yang tidak ditutup akan terus menggunakan jaringan internet yang Anda miliki, sehingga kapasitas jaringan menjadi terbagi ke dalam beberapa aplikasi.

– Mengakses Jaringan Bersamaan

Ada kalanya internet lemot juga disebabkan karena padatnya akses yang digunakan oleh pengguna lain. Hal ini karena sekian banyak pengguna mengakses Internet pada waktu yang hampir bersamaan, sehingga saat kita mengakses internet terasa lambat

Memang menyebalkan jika internet yang digunakan lemot. Nah, agar tidak mengalami Internet lemot, bisa mencoba cara mengatasi internet lemot berikut ini:

– Restart Modem atau Router

Cara mengatasi WiFi lemot yang cukup efektif selanjutnya yaitu dengan me-restart modem atau router. Untuk me-restart router atau modem, Anda dapat mematikannya melalui saklar maupun tombol power. Anda juga dapat mencabut langsung adaptornya, lalu tunggu 10 sampai 30 detik sebelum dinyalakan kembali.

Baca juga
Ini 5 Aplikasi Penting untuk Belajar Daring

– Update Perangkat Gadget Secara Berkala

Update perangkat secara rutin dan update software bisa jadi solusi, karena terkadang aplikasi masih ‘menyedot’ data walaupun sedang tidak digunakan, sehingga memberatkan kinerja perangkat. Aplikasi-aplikasi yang belum di-update juga dapat membuat ponsel jadi lebih keras bekerja sehingga mempengaruhi koneksi Internet.

– Membersihkan Cache pada Perangkat Gadget

Jika kita sering berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan aplikasi yang sebelumnya digunakan tidak ditutupi ini bisa menyebabkan koneksi Internet akan terus aktif. Solusinya tutup aplikasi yang tidak digunakan sehingga aktivitas pada aplikasi tersebut terhenti.

– Ganti Provider Internet

Langkah terakhir ketika Anda sudah melakukan semua hal, namun Internet masih tetap lemot yaitu mengganti provider internet. Mungkin provider internet yang Anda gunakan saat ini, tidak memiliki jaringan terbaik.

Sebagai solusi, Anda dapat menggantinya dengan jaringan Internet WiFi terbaik dari layanan Biznet Home yang didukung teknologi The New Biznet Fiber.

Hadir dengan kapasitas bandwidth lebih besar dari sebelumnya 175 Mbps menjadi 250 Mbps pastinya akan membuat Anda terhindar dari jaringan yang lemot dan aktivitas digital Anda semakin asik.

Baca juga
Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Sistem Pengenalan Wajah bagi Penumpang

Selain jaringan internet terbaik dengan kapasitas bandwith yang besar, kita juga harus memperhatikan posisi perangkat WiFi di rumah agar jangkauan sinyal WiFi dapat diterima di perangkat dengan baik. Untuk itu, Biznet juga menawarkan teknologi Smart Internet WiFi.

Inovasi ini menggunakan teknologi Mesh WiFi AC1200 Whole-Home Mesh yang dapat memberikan jangkauan Internet WiFi di rumah menjadi lebih cepat sampai dengan 800 Mbps, dengan Smart Internet WiFi dari TP-Link Deco M4 mampu memancarkan sinyal WiFi ke seluruh area rumah, sehingga dapat mencakup seluruh area dan setiap sudut rumah baik untuk di lantai 1 dan 2 dipastikan tidak akan terputus.

Layanan ini dapat terkoneksi lebih dari 100 perangkat, jumlah access point dapat menyesuaikan luas rumah.

Tinggalkan Komentar